Penulis Utama : Sri Umiati
NIM / NIP : S021808056
×

Abstrak

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dalam keberhasilan suatu perawatan di bidang kesehatan. Beberapa cara untuk mewujudkan hal tersebut, diantaranya adalah dengan mempermudah dalam proses konsultasi, perawatan, dan pengobatan. Efektfitas dalam pelayanan kesehatan sangat penting. Telemedicine adalah cara yang ditawarkan untuk meningkatkan efektifitas dalam pelayanan kesehatan. 
Subjek dan Metode: Meta analisis dilakukan dengan PICO sebagai berikut: Populasi pada penelitian ini adalah pasien . Intervensi pelayanan kesehatan berupa Telemedicine. Comparison berupa pelayanan Non Telemedicine/ visit. Outcome berupa Kepuasan pasien. Studi meta-analisis diterapkan pada penelitian ini dengan sumber data elektronik: Clinical Key, Google Scholar, MEDLINE/PubMed, Science Direct, Scopus. Artikel yang digunakan adalah artikel full-text dengan desain studi Randomized Control Trial (RCT). Terdapat 8 artikel yang digunakan dalam penelitian ini dengan jumlah sampel sebesar 2123 orang yang dibagi dalam dua kelompok (1113 orang pada kelompok telemedicine dan 1010 orang pada kelompok kontrol/ non telemedicine). Artikel dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Standardized Mean Difference (SMD) dan heterogenitas sampel penelitian
Hasil: Terdapat heterogenitas yang tinggi antar ekperimen satu dengan yang lainnya ( I2=81%; P<0 xss=removed p=0.0002). >Kesimpulan: Pemberian pelayanan telemedicine mampu meningkatkan kepuasan pasien dengan Standardized Mean Different (SMD) sebesar 0.41 dibandingkan dengan non telemedicine.

Kata Kunci : Telemedicine, Kepuasan pasie

×
Penulis Utama : Sri Umiati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021808056
Tahun : 2021
Judul : Efektivitas Telemedicine terhadap Kepuasan Pasien : Meta-Analisis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021808056-2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bhisma Murti, dr.,MPH, M. Sc,PhD.
2. Dr. Rita Benya Adriani, S. Kp., M. Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.