Penulis Utama : Rischa Ferdy Nursita
NIM / NIP : S031702018
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model Pembelajaran Perkembangan Moral Kognitif dan Klarifikasi Nilai  terhadap sikap nasionalisme, (2) perbedaan sikap nasionalisme antara laki-laki dan perempuan, (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin terhadap sikap nasionalisme.
Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Wonogiri dan pengambilan sampel dengan multistage sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh 30 siswa sebagai kelompok uji coba, 48 siswa sebagai kelompok eksperimen, 13 siswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam mengumpulkan data tentang sikap nasionalisme. Analisi data penelitian menggunakan analisis variansi dua jalur (3x2).
Hasi penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Perkembangan Moral Kognitif dan Klarifikasi Nilai  terhadap sikap nasionalisme dengan Fhitung = 4,742; p<0 xss=removed xss=removed>

Kata Kunci : PPKn, Perkembangan Moral Kognitif, Klarifikasi Nilai , nasionalisme

×
Penulis Utama : Rischa Ferdy Nursita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031702018
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Perkembangan Moral Kognitif dan Klarifikasi Nilai terhadap Sikap Nasionalisme pada Pembelajaran PPKN Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar-S031702018-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudiyanto, M.Pd.
2. Dr. Winarno, S.Pd.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.