Penulis Utama : Yushinta Amalia
NIM / NIP : S081808010
×

Abstrak

Penelitian danpengembanganini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul  fisika  dengan  karakteristik  model  pembelajaran  project  based learning yang dilengkapi dengan langkah-langkah pembelajaran yang digunakanuntuk meningkatkan  keterampilan  science  and  engineering  practices  (SEPs)  dan berpikir   kreatif   peserta   didikpadamateriusahadanenergi,   2)   mengembangkan modul fisika berbasis project based learning yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan SEPs dan berpikir kreatif peserta didikpadamateriusahadanenergi, dan 3) mengetahui efektivitas penggunaan modul fisika berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan SEPs dan berpikir kreatif peserta didikpadamateriusahadanenergi.
Pengembangan modul pembelajaran fisika ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan analyze, design, develop, implement dan evaluateyang disingkatmenjadi ADDIE. Analisis kelayakan modul berdasarkan validasi dariujicobaprodukawal (ahli materi, bahasa dan media, serta validasi praktisi pendidikan dan teman sejawat), ujicobaskalakecildanujicobaskalaluas. Analisis efektivitas penggunaan modul dilakukan dengan menggunakan N-Gain.
Penelitian  dan  pengembangan  modul  ini  menghasilkan  tiga  simpulan yaitu: 1) Modul pembelajaran fisika berbasis project based learning telah berhasil dikembangkan dengan menggunakantahapa-tahapanproject based learning, 2) Modul pembelajaran fisikaproject based learning telah layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil uji validasi dan hasil uji coba. Hasil validasi keseluruhan penilaian menghasilkan rata-rata sebesar 3.61 dengan persentase sebesar 90.17% yang menunjukkan modul inibaik dan layak untuk digunakan. 3) Modul pembelajaran fisika project based learningefektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan SEPs dan berpikir kreatif peserta didik. Efektivitas modul dilihat dari nilai N-Gain masing-masing variabel penelitian. Keterampilan SEPs diperoleh nilai N-Gain sebesar 0.52 dan keterampilan berpikir kreatif sebesar 0.61 yang menunjukkan tingkat keefektifan sedang.

Kata Kunci: project based learning, science and engineering practices,  SEPs, keterampilan berpikir kreatif

×
Penulis Utama : Yushinta Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S081808010
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul Fisika Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Science and Engineering Practices dan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Fisika-S081808010-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.
2. Dr. Suharno, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.