Penulis Utama : Rikhinati Jannah
NIM / NIP : S091708005
×

Abstrak

Dalam pembelajaran abad 21, TPACK merupakan hal yang diperlukan tidak hanya pada guru tetapi juga pada calon guru sebagai bekal untuk pengajaran ketika terjun di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen TPACK untuk mahasiswa calon guru kimia dengan dilakukan pengujian untuk: 1) kelayakan produk pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan TPACK calon guru kimia pada materi asam basa dan 2) kemampuan produk pengembangan instrumen penilaian pada materi asam basa dalam mengukur kemampuan TPACK calon guru kimia.

Penelitian pengembangan instrumen penilaian TPACK ini menggunakan prosedur Akker terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) pemeriksaan pendahuluan (Preliminary investigation), 2) penyesuaian teoritis (Theoretical embedding), 3) uji Empiris (empirical testing), dan 4) proses, hasil dokumentasi, analisis dan refleksi (documentation, analysis, and reflection on process and outcome). Uji coba dilakukan pada mahasiswa calon guru kimia di program studi Pendidikan Kimia UNS. Pada uji skala terbatas dan menengah dilakukan pada mahasiswa semester VI tahun ajaran 2019/2020. Uji coba skala luas dilakukan pada mahasiswa semester IV tahun 2019/2020 sejumlah 68 orang. Sumber data berasal dari dosen dan mahasiswa dengan teknik pengumpulan data berupa survey, wawancara, dan tes. Validasi instrumen penilaian TPACK ini menggunakan metode Aiken dengan 9 orang validator ahli. Teknik analisis instrumen penilaian menggunakan model Rasch dengan analisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian dan pengembangan penelitian ini adalah instrumen penilaian TPACK yang dikembangkan : (1) dinyatakan layak dan memenuhi kriteria sebagai suatu soal yang baik dengan validitas soal lebih dari 0,74 (valid), validitas konstruk telah memenuhi syarat minimal dengan nilai raw variance explained by measures > 20%, nilai reliabilitas item 0,94 (kategori bagus sekali), daya pembeda dan tingkat kesukaran yang efektif; (2) dapat mengukur kemampuan TPACK mahasiswa calon guru kimia pada tingkatan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Impilkasi dari penelitian ini yaitu agar kesadaran mahasiswa meningkat dalam mengembangkan kemampuan TPACK sehingga dapat nantinya diterapkan pada pengajaran di sekolah.

Kata Kunci : Penelitian dan pengembangan, TPACK, Instrumen penilaian, Calon guru kimia

×
Penulis Utama : Rikhinati Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S091708005
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Tpack Mahasiswa Calon Guru Kimia pada Materi Asam Basa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Kimia-S091708005-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat. Sri Mulyani, M.Si.
2. Dr. Maria Ulfa, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.