Penulis Utama : Joko Priyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1010047
Tahun : 2014
Judul : Telaab Teks Derita Pelengseran Presiden Mucbammad Mursi Dalam Al-Aiiramdan Al-Jazirah: Analisis Wacana Kritis Fairclough
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.FSRD - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.FSRD, Jur.Sastra Arab (FSRD) - C1010047 - 2014
Subyek : WACANA KRITIS, TEKS, MEDIA BERITA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mengkaji representasi wacana peristiwa pelengseran Presiden Mesir Muchammad Murs1 dalam teks media berita berbahasa Arab yaitu Al-Ahrsm dan Al-Jazlrah dengan tinjauan analisis wacana kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan representasi peristiwa pelengseran Presiden Muchammad Murs1  yang  diterbitkan dalam media berita Al-Abram  dan Al• Jazlrah, Serta membandingkan   representasi yang ditampilkan  dalam  masing• masing media berita tersebut.
Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif deskriptif yang meliputi  tiga tahapan Yaitu metode pengumpulan  data, analalisis data, dan penyajian basil analisis. Pada tahapan pengumpulan data, memanfaatkan metode simak. Data dalam penelitian ini adalah wacana dalam  artikel berita Al-Abrsm berjudul /'azlu'r-ra1s bi'sy-syar'iyyati'ts-tsauriyyah/ edisi 4 Juli 2013 dan wacana pada artikel berita   Al-Jazlrah berjudul /al-jaisyul-mishri ya'zilu murs1 wa yu'aththilu'd-dustiir/yang bertanggal 3 Juli 2013. Pada tahapan analisis, memanfaatkan teori analisis wacana kritis Norman Fairclough dalam tataran teks yang meliputi analisis tekstual dan intertekstual. Penerapan teori analisis wacana kritis Norman  Fairclough  memanfaatkan metode padan dan agih. Pada tahapan yang terakhir yaitu penyajian basil analisis data, memanfaatkan metode informal dengan teknik penggunaan kata-kata biasa (a natural language).
Hasil penelitian ini menunjukkan  adanya representasi yang berbeda dari
masing-masing media berita yaitu Al-Ahrim dan Al-Jazlrah yang tercermin dalam teks  berita masing-masing media,  serta  ditemukan adanya keberpihakan yang berbeda  dari keduanya  yang tercermin   dalam  berbagai tingkatan yaitu anak kalimat,kombinasi anak kalimat, rangkaian antar kalimat, analisis relasi dan identitas, serta intertekstualitas.Berita Al-Ahrim  memperlihatkan keberpihakannya  kepada militer, sedangkan Al-Jazlrah menunjukkan keberpihakannya kepada Presiden Muchammad Murs1.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arifuddin, Le., M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain