Penulis Utama : Yunus Nazar
NIM / NIP : S801708008
×

Abstrak

Industri tekstil merupakan sektor industri prioritas pemerintah dalam era revolusi industri 4.0 yang meliputi pembuatan benang, pembuatan kain (tenun, rajut, dan nonwoven), penyempurnaan kain (pencelupan dan pencapan) dan garmen. Pembuatan  kain  tenun yaitu  proses  menyilangkan  sehelai  atau beberapa helai benang antara benang lusi dan benang pakan sehingga menjadi kain. Dalam proses produksinya mesin tenun ait jet banyak digunakan pada industri pertenunan. Kain tenun yang  di  produksi  merupakan  kombinasi  dari  material  katun,  rayon  dan poliester. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan parameter proses optimal dari proses produksi kain tenun dan peringkat faktor yang mempengaruhi respon kain, yaitu kekuatan tarik dan mulur kain, kekuatan sobek kain, daya tembus udara kain, kelangsaian kain dan pilling kain. Dalam penelitian ini, metode Taguchi digunakan dalam optimasi produksi kain tenun dengan melibatkan empat faktor, yaitu jenis benang pakan, tetal pakan, tekanan udara, dan tegangan lusi dengan masing-masing tiga level. Orthogonal Array L9 digunakan untuk percobaan dengan lima respons, yaitu kekuatan tarik dan mulur kain, kekuatan sobek kain, daya tembus udara kain, kelangsaian kain dan pilling kain. Analisis GRA dan PCA digunakan untuk menentukan parameter proses yang optimal. Hasil percobaan menunjukkan bahwa percobaan keenam memiliki peringkat tertinggi dengan nilai
0,803 dengan jenis benang TC 30, tetal pakan 68, tekanan angin 3 bar dan 1,75 tegangan lusi. Urutan faktor berpengaruhnya yaitu jenis benang pakan, tegangan lusi, tetal pakan dan tekanan angin. Hasil Analisis variansi (ANOVA) yang dilakukan menggunakan software minitab diketahui bahwa jenis benang pakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai GRG karena nilai P < 0> 0,05. Komparasi data hasil pengujian kain tenun pada kondisi optimal untuk kekuatan tarik dan sobek lusi dan pakan memenuhi syarat SNI untuk kain tenun kemeja dan sebagian kain tenun untuk setelan (suiting).


Kata kunci : Kain tenun, pengujian kain, optimasi, Metode Taguchi, GRA, PCA

×
Penulis Utama : Yunus Nazar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S801708008
Tahun : 2021
Judul : Optimasi Proses Pembuatan Kain Tenun Konstruksi 1106063 pada Mesin Air Jet Picanol Omniplus dengan Metode Taguchi Multi Respon Menggunakan Grey Relational Analysis dan Principal Component Analysis (Studi Kasus: AK-Tekstil Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Teknik Industri-S801708008-2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eko Liquiddanu, S.T., M.T.
2. Prof. Dr. Bambang Suhardi, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.