Penulis Utama : Iwan Maulana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811708004
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Teknologi Pendidikan-S811708004-2020
Subyek : AUGMENTED REALITY
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran IPA dan media   yang selama ini diimplementasikan di SMP Muhammadiyah Surakarta. (2) Mengembangkan media Augmented Reality berbasis Android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah Surakarta. (3) Menguji keefektifan media Augmented Reality berbasis Android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu: (1) Tahap Studi Pendahuluan meliputi: proses pembelajaran IPA yang selama ini diimplementasikan di SMP Muhammadiyah Surakarta, analisis motivasi dan hasil belajar siswa, analisis kebutuhan guru dan siswa. (2) Tahap Desain meliputi: desain konsep materi, desain konsep media dan desain alat evaluasi pembelajaran. (3) Tahap Pengembangan meliputi: draf awal produk, validasi ahli, uji coba lapangan, bentuk final produk; (4)Tahap Implementasi meliputi: implementasi media Augmented Reality berbasis Android di kelas Eksperimen serta (5) Tahap Evaluasi meliputi uji prasarat, uji peningkatan motivasi dan hasil belajar, serta uji keefektifan media Augmented Reality berbasis Android.
Hasil yang diperoleh : (1) proses pembelajaran IPA yang selama ini diimplementasikan di SMP Muhammadiyah Surakarta berlangsung cukup baik, namun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru seperti keterbatasan media sehingga proses pembelajaran terkesan menoton dan guru belum mampu mengembangkan media alternatif untuk mengatasi kendala tersebut. (2) Pengembangan ini di desain menggunakan desain ADDIE yang meliputi lima langkah pengembangan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Draft awal media disusun setelah peneliti melakukan analisis kebutuhan. Draf awal media yang telah disusun selanjutnya divalidasi dan diuji cobakan melalui uji coba terbatas, kecil dan uji coba luas. Adapun perolehan nilai rata-rata validasi media adalah 3,5 dengan kategori sangat baik sedangkan perolehan nilai rata-rata validasi materi sebesar 3,5 dengan kategori sangat baik dan perolehanl skor rata-rata uji kelayakan oleh guru sebesar 3,47 dengan kategori baik. Sedangkan perolehan nilai rata-rata uji coba prliminary field test sebesar 3,3, uji coba main field test sebesar 3,5 dan uji coba operational field test sebesar 3,8 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi dan uji coba lapangan maka dapat disimpulkan bahwa media Augmented Reality berbasis Android layak diterapkan dalam proses pembelajaran. (3) Media Augmented Reality berbasis Android efektif meningkatkan hasil motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah Surakarta. Dengan perolehan nilai berdasarkan hasil uji statistik dengan bantuan progam SPSS 20, diperoleh taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari pada 0,025 (0,000< 0>ttabel untuk motivasi belajar yaitu 3,311>2,080 sedangkan nilai dari hasil belajar sebesar 7,109 > 2,080 maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan rerata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol baik motivasi belajar siswa maupun hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Augmented, Reality, Android, Motivasi, Hasil, Belajar.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.
2. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana