Penulis Utama : Wilda Aulia Rokhima
NIM / NIP : S851702037
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar Kolb dalam pemecahan masalah matematika pada kelas XI SMA Negeri 4 Pekalongan. Gaya belajar Kolb mempunyai empat tipe yaitu converger, diverger, assimilator, dan accommodator.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri atas 8 siswa dari kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Pekalongan. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil menggunakan angket gaya belajar Kolb. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penalaran matematis subjek converger dalam pemecahan masalah dapat melaksanakan semua tahapan proses penalaran dengan baik menggunakan imitative reasoning. 2) Penalaran matematis subjek diverger dalam pemecahan masalah nomor 1 dan 2 menggunakan imitative reasoning. Subjek dapat melaksanakan tahap a problematic situation dan strategy choice dengan baik, namun tahap strategy implementation dan conclusion subjek kurang tepat dalam menyelesaikan masalah. Nomor 3 subjek melaksanakan semua tahap penalaran dengan baik dan menggunakan creative reasoning. 3) Penalaran matematis subjek assimilator dalam pemecahan masalah menggunakan imitative reasoning. Subjek dapat melaksanakan tahap a problematic situation dan strategy choice dengan baik, namun tahap strategy implementation dan conclusion subjek tidak dapat menyelesaikan semua masalah dengan benar. 4) Penalaran matematis subjek accomodator dalam pemecahan masalah nomor 1 dan 2 menggunakan imitative reasoning. Subjek dapat melaksanakan tahap a problematic situation dan strategy choice dengan baik, namun tahap strategy implementation dan conclusion subjek melakukan kesalahan pada proses pemecahan masalah. Nomor 3 kedua subjek melaksanakan semua tahap penalaran dengan baik, menggunakan creative reasoning dan imitative reasoning.

Kata Kunci: penalaran matematika, gaya belajar Kolb, imitative reasoning dan
creative reasoning.

×
Penulis Utama : Wilda Aulia Rokhima
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851702037
Tahun : 2021
Judul : Analisis Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Program Linear Ditinjau dari Gaya Belajar KOLB Kelas XI SMA Negeri 4 Pekalongan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851702037-2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Laila Fitriana, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.