Penulis Utama : Indiawati Ayik Imaya
NIM / NIP : S851808016
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul interaktif berbasis Assessement as Learning (AaL) yang valid dari penilaian para ahli, praktis digunakan oleh pengguna, dan efektif untuk meningkatkan metakognisi siswa SMA / MA di kabupaten Boyolali. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keampuhan produk apakah siswa yang menggunakan modul interaktif berbasis AaL mempunyai metakognisi lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan modul interaktif berbasis AaL. 
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R & D (Riset and Development). Prosedur penelitian yang digunakan yaitu: (1) studi pendahuluan mencakup penelitian awal, analisis kebutuhan, dan studi literatur; (2) pengembangan produk mencakup produk teoritik, produk prototipe, dan pengujian produk; (3) pengujian keampuhan produk; dan (5) diseminasi dan implementasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA / MA di Kabupaten Boyolali tahun 2019/2020. Sampel pada penelitian ini sebanyak satu guru dan 215 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling. 
Hasil penelitian menujukkan bahwa modul interaktif yang dikembangkan memiliki karakteristik sebagai berikut: (a) pembuatan produk menggunakan software macromedia flash dan berbentuk .swf; (b) komponen produk berupa halaman utama, petunjuk, tokoh, kompetensi inti dan kompetensi dasar, pembelajaran, soal, penilaian, dan kredit; (c) alur pembelajaran berbasis AaL dengan langkah pembelajaran yang difasilitasi yaitu identifikasi masalah, pemecahan masalah, penilaian diri sendiri, dan umpan balik; (d) memuat langkah pembelajaran yang harus memenuhi kriteria lulus terlebih dahulu kemudian dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya; dan (e) cerita pada masalah dan soal latihan menggunakan instrumen berupa komponen pengetahuan metakognisi dan pengalaman metakognisi. Kevalidan modul interaktif berbasis AaL dibuktikan dari rata-rata skor dari validator ahli materi yaitu 4,32 dan dari ahli media yaitu 4,52 yang termasuk dalam kategori valid. Kepraktisan produk dibuktikan dengan rata-rata skor penilaian guru yaitu 4,54 dan penilaian siswa yaitu 4,40 termasuk kategori praktis. Keefektifan produk ditunjukkan dengan adanya peningkatan antara nilai pretes dan postes siswa. Keampuhan produk terlihat dari kelas yang menggunakan modul interaktif berbasis AaL lebih baik daripada kelas yang tidak menggunakan modul interaktif berbasis AaL.

Kata kunci : pengembangan, macromedia flash, modul interaktif, assessment as learning, metakognisi

×
Penulis Utama : Indiawati Ayik Imaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851808016
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Assessment As Learning untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa SMA / MA di Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851808016-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Budiyono, M.Sc.
2. Dr. Farida Nurhasanah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.