Penulis Utama : Wahyu Sri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X7210161
Tahun : 2012
Judul : Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Pecahan Siswa Kelas IV SDN Brengkol-Pituruh Tahun Pelajaran 2011/2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. PGSD - X7210161 - 2012
Subyek : NUMBERED HEAD TOGETHER, PECAHAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang pecahan, (2) mengetahui keberhasilan penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang pecahan siswa kelas IV SD Negeri Brengkol-Pituruh, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang pecahan.
Penelitian ini merupakan  penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Brengkol yang berjumlah 23 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara,dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis statistik yang bersifat deskriptif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I, dari siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III. Proses  pembelajaran  pada  prasiklus  bersifat  teacher-centered  sehingga  hasil belajar  siswa rendah.  Peningkatan terjadi pada siklus I walaupun hasil belajar yang diperoleh belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar meningkat dibanding siklus I, akan tetapi hasil belajar yang diperoleh masih belum memenuhi indikator keberhasilan. Pada pelaksanaan siklus III, hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat. Pada pelaksanaan siklus III ini hasil belajar yang diperoleh telah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan.
Simpulan dari penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe numbered head together yaitu: (1) persiapan, (2) pembentukan kelompok, (3) menyiapkan buku paket, (4) diskusi kelompok, (5) memutuskan jawaban, (6) evaluasi hasil diskusi, dan (7) pemberian penghargaan,  penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan siswa kelas IV SD  Negeri Brengkol, kendala-kendala dalam penelitian ini yaitu: (1) lupa mengingatkan untuk menyiapkan buku paket, (2) kurang memberikan kesempatan mencari topik pembelajaran, (3) kurang memberikan motivasi, (4) kurang meyakinkan untuk mengetahui  hasil  diskusi, (5) lupa  memberikan  reward, (6) kurang  memberi kesempatan bertanya, (7) belum membatasi waktu diskusi, (8) persiapan kurang,
dan (9) kurang menekankan untuk menyatukan pendapat dalam diskusi. Adapun solusi dari kendala yang terjadi yaitu: (1) mengingatkan siswa menyiapkan buku paket, (2) memberikan kesempatan mencari topik pembelajaran, (3) memotivasi untuk aktif dalam diskusi, (4) mengingatkan siswa mengetahui basil diskusi, (5) memberikan kesempatan bertanya, (6) memberikan reward, (7) penambahan waktu pembelajaran, (8) mempersiakan pembelajaran lebih baik lagi, dan (9) menekankan siswa menyatukan pendapat dalam diskusi.

KATA KUNCI: NUMBERED HEAD TOGETHER, PECAHAN

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP