Penulis Utama : Erlina Kusuma Wardani
NIM / NIP : X7210040
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu cepat dalam peningkatan kemampuan mengartikan kosakata bahasa Inggris dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengartikan kosakata bahasa Inggris yang menggunakan media kartu cepat siswa kelas IV SDN Kepuh kabupaten Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kepuh yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki.
Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif. Prosedur penelitian adalah model Suharsimi Arikunto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media kartu cepat yang dilaksanakan sesuai dengan petunjuk atau langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan kemampuan mengartikan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Kepuh kabupaten Purworejo. (2) Penggunaan media kartu cepat yang digunakan peneliti pada pelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan mengartikan kosakata bahasa Inggris.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media kartu cepat dapat meningkatkan kemampuan mengartikan kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Kepuh Kabupaten Purworejo. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil kemampuan mengartikan kosakata bahasa Inggris dari tindakan Siklus I, Siklus II, dan Siklus III yang signifikan.

KATA KUNCI: MEDIA KARTU CEPAT, KEMAMPUAN,  KOSAKATA

×
Penulis Utama : Erlina Kusuma Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X7210040
Tahun : 2012
Judul : Penggunaan Media Kartu Cepat Dalam Peningkatan Kemampuan Mengartikan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SDN Kepuh Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Program Studi : S-1 PGSD Kebumen
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. PGSD - X7210040 - 2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M. Pd.
2. Drs. Joharman, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.