Penulis Utama : Apriliani Ma'ruf Khalisoh
NIM / NIP : X7109010
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan  penggunaan alat peraga permainan kata pada siswa kelas I SD Negeri Tengklik 2  Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini menggambarkan serangkaian langkah yang membentuk siklus. Setiap langkah tersebut  terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tengklik 2, Tawangmangu, Karanganyar. Sebagai   subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I sebanyak 18 orang siswa yaitu siswa  perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi,  dan dokumentasi. Teknik analisis data  menggunakan model analisis kualitatif, yang  meliputi 3 komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan  membaca permulaan dengan menggunakan alat peraga permainan kata. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata test awal hanya 55,83 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 44,44%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi  61,48 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 50%%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 70,84 dan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 88,89 %.

KATA KUNCI: KETRAMPILAN MEMBACA

×
Penulis Utama : Apriliani Ma'ruf Khalisoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X7109010
Tahun : 2011
Judul : Penggunaan Alat Peraga Permainan Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri Tengklik 2 Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Program Studi : S-1 PGSD Surakarta PPKHB
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - X7109010 - 2011
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Suwarto W.A, M.Pd
2. Dra. Yulianti, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.