Penulis Utama : Sugito
NIM / NIP : X4712640
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar  lari  melalui penggunaan pendekatan permainan tradisional pada siswa kelas IV SD Negeri 4  Kalikarung Kecamatan Kalibawang Wonosobo Tahun Pelajaran 2014 I 2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Kalikarung Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2014 / 2015 yang berjumlah  32 orang siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa Data berupa data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari hasil belajar siswa, data keaktifan siswa,  data aktifitas guru dan data penggunaan pendekatan bermain, sedangkan data sekunder terdiri dari RPP, silabus dan kurikulum. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes unjuk kerja dan observasi proses kegiatan pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan metode  deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan pedekatan permainan tradisional  dapat meningkatkan basil belajar siswa dalam tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus I. Hasil  belajar  pra siklus hanya 31 %  atau 10 orang siswa yang mencapai ketuntasan, kemudian  meningkat menjadi 64% atau 20 siswa pada siklus II dan mencapai ketuntasan maksimal pada ahir siklus II yaitu 85% atau 27 siswa.
Simpulan dari hasil penelitian ini adalah melalui permainan dapat meningkatkan  hasil belajar gerak dasar lari melalui permainan tradisional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Kalikarung Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo.

×
Penulis Utama : Sugito
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4712640
Tahun : 2014
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Kalikarung Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - X4712640 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H, Sunardi, M.Kes
2. Drs. Muhammad Mariyanto, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.