Penulis Utama : Husain Abiyyu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116050
Tahun : 2020
Judul : Program Perhitungan Emisi Gas Rumah Kaca Akibat Proyek Pemeliharaan Dan Rehabilitasi Perkerasan Lentur Menggunakan Microsoft Visual Studio Program For Calculation Of Greenhouse Gas Emissions Due To Maintenance And Rehabilitation Of Bible Cross Using Microsoft Visual
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I0116050 - 2020
Subyek : EMISI GAS RUMAH KACA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Sebagai bagian dari siklus hidup perkerasan jalan, proses pemeliharaan dan reha-bilitasi jalan menghasilkan emisi yang berdampak pada lingkungan. Identifikasi unit-unit proses yang terjadi dalam proyek-proyek pemeliharaan dan rehabilitasi perkerasan lentur telah dilakukan sebelumnya. Usaha ini dilanjutkan dengan penghitungan emisi yang terjadi dalam setiap unit proses termasuk total emisi dari seluruh proses (Prasetyo, 2018). Upaya lebih lanjut perlu dilakukan dalam rangka mempromosikan otomatisasi tahap penghitungan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), sehingga dapat dijadikan sebagai sistem database dan sistem informasi untuk mendukung pengambilan keputusan. Penelitian ini dilakukan untuk membangun aplikasi yang dimaksud. Tujuannya pertama-tama untuk mengevaluasi perhitungan emisi GRK proses pemeliharaan dan rehabilitasi perkerasan lentur yang dilakukan secara manual, dilanjutkan dengan perancangan program penghitungan dengan Software yang memberikan tampilan visual lebih menarik dan mudah dipahami yaitu Visual Studio 2019, dan setelah aplikasi terbangun akan dilakukan analisis perhitungan pada suatu proyek pemeliharaan dan rehabilitasi perkerasan jalan yang menjadi studi kasus.
Dalam perancangannya, aplikasi dibuat dengan GUI atau  graphical user interface yang paling sederhana agar mudah digunakan. Kasus yang dianalisis/diuji untuk aplikasi ini adalah rehabilitasi ruas jalan kabupaten dengan perkerasan lentur dengan menggunakan pendekatan LCA (Life Cycle Assessment). Perhitungan dil-akukan dengan menggunakan database ecoinvent dengan TRACI 2.1 untuk mengkonversi satuan polutan menjadi kgCO2e. Database ecoinvent dan TRACI 2.1 dipindahkan ke dalam database khusus pada Navicat Premium untuk mem-permudah proses perhitungan dalam program. Database kemudian diunggah agar dapat diakses oleh aplikasi dari komputer pengguna dimanapun berada.
Dengan aplikasi ini emisi gas rumah kaca pada proyek rehabilitasi perkerasan len-tur dapat dihitung dengan lebih cepat, dengan tampilan antarmuka yang sederhana yang mudah dipahami oleh pengguna. Aplikasi dapat menampilkan secara detail emisi yang dihasilkan pada setiap tahap/unit proses pekerjaan, yang dilengkapi juga dengan diagram batang dan diagram donat untuk menampilkan hasil analisis. Analisis lebih lanjut menggunakan ruas jalan yang menjadi studi kasus menun-jukkan selisih yang kecil antara hasil perhitungan menggunakan aplikasi ini dengan hasil perhitungan menggunakan cara manual. Pengembangan lebih lanjut memungkinkan aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menganalisis emisi GRK yang terjadi pada proyek jalan baru.
Kata kunci : Emisi Gas Rumah Kaca, perkeraan lentur, pemograman, Microsoft Visual Studio 2019, bahasa program C#, ecoinvent, TRACI 2.1 

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Florentina Pungky P. S.T.,M.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik