Penulis Utama : Brilliani Nadiva Yana Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215025
Tahun : 2020
Judul : Kajian New Media Pengembangan Bisnis Paid Promote (Studi Kualitatif Model Komunikasi Akun Bisnis Instagram ‘@diskonsolo’)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Sosial dan Politik, Jur. Ilmu Komunikasi - D0215025 - 2020
Subyek : NEW MEDIA, PAID PROMOTE, MODEL AISAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini mendorong terciptanya suatu terobosan baru, terutama pada pemanfaatan media. Saat ini, new media sangat berpengaruh karena mendukung adanya interaksi sosial dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Di Indonesia, Instagram merupakan media sosial yang paling sering digunakan keempat setelah Youtube, Facebook, dan Whatsapp. Pengguna Instagram yang cukup populer dan memiliki pengikut dalam jumlah yang besar umumnya memanfaatkannya untuk meraup keuntungan dengan menerima jasa paid promote. Salah satu akun Instagram yang cukup terkenal di Kota Solo yang melakukan aktivitas paid promote yakni akun ‘@diskonsolo’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi yang dilakukan pengelola akun @diskonsolo dalam mengembangkan bisnis jasa paid promote. Penulis memilih pendekatan model komunikasi AISAS oleh Dentsu, hal tersebut karena AISAS sendiri banyak digunakan untuk meneliti model komunikasi yang berbasis penggunaan new media.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber tanggal diperoleh melalui wawancara dan dokumenter. Informan dipilih dengan teknik pengambilan sampel dengan memilih sumber yang dianggap mengetahui masalah yang sedang diselidiki. Peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model interaktif yang terdiri dari tiga komponen: reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Studi ini menyimpulkan bahwa akun Instagram bisnis ‘@diskonsolo’ menerapkan model komunikasi interaktif. Pengelola akun ‘@diskonsolo’ berperan sebagai komunikator berhasil menangkap isu maupun trend di salah satu platform new media, yakni Instagram yang kemudian, diolah menjadi sebuah konten yang memberikan informasi terkait produk barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh pengguna Instagram. Pengguna Instagram-pun mendapat informasi akan produk barang maupun jasa yang dibutuhkan, terutama informasi diskon. Adanya interaksi tersebut, mendorong pengiklan untuk mempromosikan produknya melalui jasa paid promote akun ‘@diskonsolo’.

Kata kunci: New Media, Paid Promote, Model AISAS

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I .pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra Wijaya, S.Sos, M.Ikom
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP