Penulis Utama : Ida Rosita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X7210058
Tahun : 2015
Judul : Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Tentang Perubahan Benda pada Siswa Kelas VI SDN 2 Kalirejo Kecamatan Karanggayam Tahun Ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. PGSD - X7210058 - 2015
Subyek : PENDEKATAN, KONTEKSTUAL, PEMBELAJARAN, IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskipsikan langkah-langkah penerapan pendekatan Kontekstual dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN 2 Kalirejo Kecamatan Karanggayam Tahun Ajaran 2014/2015, (2) meningkatkan basil pembelajaran IPA melalui penerapan pendekatan Kontekstual dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN 2 Kalirejo Kecamatan Karanggayam Tahun Ajaran 2014/2015, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan Kontekstual dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN 2 Kalirejo Kecamatan Karanggayam Tahun Ajaran 2014/2015.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas {PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 2 Kalirejo yang berjumlah 22 siswa. Sumber data adalah siswa, teman sejawat, peneliti dan, dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) langkah-langkah pendekatan Kontekstual dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN  2 Kalirejo Kecamatan Karanggayam Tahun Ajaran 2014/2015 adalah (a) constructivism (konstruktivisme), (b) questoning (bertanya), (c) inquiry (menemukan), (d) learning community (masyarakat belajar), (e) modelling (permodelan), (f) reflection (refleksi), (g) authentic assesment ( penilaian yang sebenarnya), (2) penerapan pendekatan Kontekstual diketahui dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 2 Kalirejo Kecamatan Karanggayam Tahun Ajaran 2014/2015 dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I 59,100/o, siklus II 75%, dan siklus III 86,37%, (3) kendala penerapan pendekatan Kontekstual dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas VI  SDN 2 Kalirejo adalah terlalu membutuhkan waktu yang lama. Solusinya yaitu peneliti lebih membagi waktu supaya sesuai dengan alokasi waktunya. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI dibuktikan dengan adanya peningkatan pada pelaksanaan tindakan siklus I sampai siklus III hingga indikator kinerja penelitian dapat tercapai.

Kata kunci: Pendekatan, Kontekstual, Pembelajaran, IPA

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suripto, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP