Penulis Utama : Mega Hafizha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116073
Tahun : 2020
Judul : Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Apartemen Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-Ahp) Di Kota Depok Population Preferences In Choosing Apartment Model Using Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-Ahp) Method In Depok City
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil,I0116073 - 2020
Subyek : APARTEMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Mega Hafizha. 2020. Preferensi Masyarakat dalam Memilih Apartemen dengan Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) di Kota Depok. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.

Kota Depok berbatasan langsung dengan wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, merupakan salah satu daerah penyangga untuk meringankan tekanan perkembangan penduduk DKI Jakarta sebagai Ibukota Negara, yang diarahkan untuk pola pemukiman dan penyebaran kesempatan kerja secara lebih merata. Selain itu, Kota Depok dikenal sebagai sentra pendidikan, hal ini terlihat dari banyaknya lembaga dan institusi pendidikan tinggi yang tersebar di Kota Depok khususnya di daerah Margonda. Dengan kondisi seperti ini, jumlah penduduk yang datang dan menetap di Kota Depok akan terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya permintaan kebutuhan akan tempat tinggal, tak terkecuali permintaan terhadap apartemen sebagai tempat tinggal. Berdasarkan hasil penelitian-penelitian sebelumnya, menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi selera masyarakat dalam memilih apartemen. Oleh karena itu, penulisan ini bertujuan untuk mengetahui preferensi masyarakat dalam memilih apartemen dan mengetahui faktor yang paling mempengaruhi dan yang paling tidak mempengaruhi preferensi masyarakat dalam memilih apartemen di Kota Depok.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dan pembobotan dengan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP). Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu survei kuesioner dan studi pustaka. Hasil keputusan dari kuesioner diolah menggunakan Program Software Microsoft Excel 2016 untuk mendapatkan pembobotan alternatif.

 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh 5 faktor utama yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih apartemen di Kota Depok, antara lain: produk, persepsi harga, lokasi, fasilitas apartemen, dan legalitas. Setelah dilakukan pengolahan dengan metode F-AHP, dari 10 responden yang menjadi subjek penelitian, diperoleh faktor yang paling mempengaruhi masyarakat yaitu faktor fasilitas apartemen. Sedangkan 3 subfaktor teratas yang paling mempengaruhi keputusan masyarakat dalam membeli apartemen di Kota Depok yaitu dekat dengan fasilitas sosial (9,67%), access card (9,09%) dan desain apartemen (9,07%).

 

Kata Kunci: Preferensi Masyarakat, Pemilihan Apartemen, Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP)

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Fajar Sri Handayani
2. Muji Rifai S.T., M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik