Penulis Utama : Muhammad Irfan Rosyid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I 0116080
Tahun : 2020
Judul : Potensi Energi Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (Kasus : Sungai Kalijirak, Kabupaten Karanganyar) Energy Potential For Micro Hidro Power Plants (Case : Kalijirak River, Karanganyar Regency)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I 0116080 - 2020
Subyek : PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR, ENERGI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

BSTRAK
Muhammad Irfan Rosyid, Rr. Rintis Hadiani, dan Solichin, 2020. Potensi Energi Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro ( Kasus : Sungai Kalijirak, Kabupaten Karanganyar ). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kebutuhan akan listrik yang begitu besar dan penggunaan bahan bakar fosil yang masih mendominasi dalam pemenuhan kebutuhan listrik  adalah salah satu permasalahan yang harus segera diselesaikan. Memanfaatkan sumber daya yang dapat diperbarui adalah salah satu cara untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Air sebegai sumber daya yang dapat diperbarui tentu dapat dimanfaatkan sebagai penghasil energi listrik yang berasal dari debit aliran dan tinggi jatuh air. Pembangkit Lisrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dapat menjadi opsi sebagai pemanfaatan sumber daya air yang ada. Dalam Perencanaan PLTMH tentu perlu direncanakan waktu mulai pembangunan sampai waktu mulai pengoperasian. Perencanaan waktu ini diperlukan agar dalam pengoperasiannya nanti bisa mendapat potensi yang optimal. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dicari fase hidrologi dan besarnya potensi tiap fasenya. Lokasi penelitian berada di KHDTK Gunung Bromo Karanganyar .Metode yang dipakai untuk mencari Debit adalah dengan metode F.J. Mock serta menggunakan simulasi debit menggunakan aplikasi Hec-HMS. Hasil dari keduanya dibandingkan dan diambil debit yang lebih kecil agar risiko tidak terpenuhinya debit andalan lebih kecil. Setelah dihitung tiap fase maka didapat debit andalan (Q80) 1,299 m3/dt dengan energi 59.888,199 kWh pada musim hujan; 0,318 m3/dt dengan energi 3.133,867 kWh pada transisi musim hujan ke musim kemarau ; 0,028 m3/dt dengan energi 2.241,139 kWh pada musim kemarau ; 0,022 m3/dt dengan energi 121,501 kWh  pada transisi musim keamarau ke musim hujan. Jika pada musim kemarau dipakai untuk perawatan maka dalam setahun akan didapat energi 65.384,706 kWh.

Kata Kunci : Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro, Fase Hidrologi, Debit Andalan, F.J Mock, Hec-HMS

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi_ Muhammad Irfan Rosyid_I0116080.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Rr. Rintis Hadiani, M.T
2. Ir. Solichin, M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik