Penulis Utama : Mashudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S810809113
Tahun : 2011
Judul : Implementasi Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Sonoageng II Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2010/2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Program Pascasarjana - 2011
Kolasi :
Sumber : UNS - Program Pascasarjana, Jur. Tehnologi Pendidikan - S810809113 - 2011
Subyek : STRATEGI, PEMBELAJARAN, TEMATIK
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui strategi pengorganisasian pembelajaran tematikdi Sekolah Dasar Kelas II SON Sonoageng II Kecamatan Prambon. 2. Untuk mengetahui strategi penyampaian pembelajaran tematik di Sekolah Dasar kelas II SON Sonoageng II Kecamatan Prambon. 3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar kelas II SON Sonoageng II Kecamatan Prambon. 4. Untuk mengetahui cara mengatasi hambatan-hambatan dalam implementasi pembelajaran tematik di sekolah dasar kelas II SON Sonoageng II Kecamatan Prambon. 5. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas II SON Sonoageng II Kecamatan Prambon selama penerapan pembelajaran tematik.
Bentuk penelitian adalah penelitian diskriptif kualitatif Penelitian mt dilakukan di SON Sonoageng II Kecamatan Prambon. Sumber data meliputi informan, tempat dan peristiwa, arsip dan dokumen. Tehnik pengambilan data dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumfntasi. Teknik sampling digunakan adalah Purposive Sampling. Tehnik analisis data berupa tehnik analisis interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : (1) Strategi pengorganisaia pembelajaran tematik dilaksanakan dengan mengadaptasi dan memilih isi pembelajaran berupa tema, Tema-tema yang digunakan dekat dengan keseharian siswa antara lain; diri  sendiri,  keluarga, makanan, kegemaran, pengalaman, lingkungan, hewan dan tumbuhan. Cara mengorganisasi pembelajaran tematik dengan pemetaan kompetensi dasar, pengembangan jaringan tema, pengembangan silabus clap penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran,. (2) Strategi penyampaian pembelajaran tematik dilaksanakan dengan memanfaatkan semua dimensi sumber belajar (orang, bahan, pesan,alat, teknik, dan setting); penugasan guru wali kelas sebagai guru tematik; interaksi siswa dengan dimensi media terjadi secara intensif dan wajar sepanjang proses pembelajaran melalui berbagai metode. Bentuk pembelajaran yang dilakukan adalah klasikal, kelompok kecil, dan individual, (3)Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran tematik antara lain: Darisisi guru; kebijakan-kebijakan terkait, baik yang bersifat nasional maupun institusional; karakteristik mata-mata pelajaran yang sangat bervariasi dan sulit dipadukan; ketersediaan fasilitas pendukung; kemampuan siswa yang bervariasi; jadwal waktu dan tempat pembelajaran; jumlah rombongan belajar dalam kelas (4) Adanya hambatan-hambatan dalam pembelajaran tematik dapat diatasi dengan adanya kegiatan KKG bagi guru dan bimbingan kepada siswa yang mempunyai kemampuan rendah serta peningkatan sarana dan prasarana (5) Prestasi belajar siswa meningkat yang terlihat dari peningkatan rata-rata sampai kelas dibandingkan dengan kreteria ketuntasan minimal (KKM).

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Mulyoto, M.Pd
2. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana