Penulis Utama : Prima Shinta Puspitarukmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1209054
Tahun : 2013
Judul : Pemanfaatan Media Gambar Berseri Dengan Metode TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Eksposisi Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Gedongan Tahun Ajaran 2012/2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa dan Seni - K1209054 - 2013
Subyek : MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI, MEDIA GAMBAR BERSERI DAN METODE TGT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis eksposisi dengan menggunakan media gambar berseri dan metode TOT pada siswa  kelas IV MI Muhammadiyah Gedongan tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yang  digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Gedongan yang  terdiri atas 31 siswa dengan 11 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Sumber data   yang digunakan adalah hasil pengamatan proses dan pengamatan hasil pembelajaran  keterampilan menulis eksposisi dengan menggunakan media gambar berseri dan metode  TGT. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara  mendalam,   tes, dan analisis dokumen. Untuk menguji validitas data peneliti menggunakan teknik  triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif, yakni membandingkan persentase/rerata antar siklus.  Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari  empat tahap, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
Berdasarkan basil penelitian, peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis  eksposisi pada siklus I sebanyak 54,84?n pada siklus II meningkat menjadi 90,32%.  Hasil keterampilan menulis eksposisi pada siklus I adalah 67,5 (64,51%) meningkat menjadi 72,02 (80,65%) pada siklus II.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media gambar berseri dan metode TGT   dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis eksposisi  pada siswa   kelas IV MI Muhammadiyah Gedongan Tahun Ajaran 2012/2013

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Amir Fuady, M. Hum
2. Dr. Nugraheni Eko Wardani, M. Hum
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP