Penulis Utama : M. Agus Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7408234
Tahun : 2012
Judul : Analisis Sistem Penilaian Hasil Belajar Mata Diklat Produktif Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Ap) (Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 6 Surakarta Tahun Diklat 2011/2012)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Ekonomi BKK PAP - K7408234 - 2012
Subyek : SISTEM PENILAIAN, HASIL BELAJAR, MATA DIKLAT PRODUKTIF
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui pelaksanaan sistem penilaian   hasil belajar mata diklat produktif kelas XI Program Keahlian Administrasi  Perkantoran (AP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta. 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem penilaian hasil belajar mata diklat produktif kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran (AP) Sekolah  Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta. 3) Untuk mengetahui usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala• kendala yang dihadapi dalam  pelaksanaan sistem penilaian basil belajar mata diklat produktif kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran (AP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan  pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi informan, tempat atau lokasi, dan dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan teknik bola salju (snowball sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara,  observasi, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi   data (sumber) dan triangulasi  metode, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan analisis interaktif.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa:( 1) pelaksanaan penilaian hasil belajar mata diklat produktif kelas XI di Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 6 Surakarta berdasarkan pada standar penilaian dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Kurikulum KTSP Spektrum yang berlaku mulai tahun ajaran 2009/2010 berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Mencngah Nomor:
251/C/KEP/MN/2008 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan, dimana penilaian tersebut dilaksanakan per Kompetensi Dasar (K.D). Akan tetapi pelaksanaan    penilaiannya tidak murni per KD melainkan dikombinasikan dengan ujian mid dan akhir semester. Cara ini dipakai untuk mensiasati pembayaran SPP yang dilakukan orang tua/wali murid pada pelaksanaan ujian mid dan akhir semester. Mekanisme penilaian  hasil belajar mata diklat produktif kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran (AP) SMK N 6 Surakarta yaitu persiapan penilaian (menyusun kisi-kisi, persiapan soal, menentukan unsur-unsur yang dinilai, menentukan teknik penilaian, menyusun jobsheet dan lembar penilaian), pelaksanaan proses penilaian, pelaporan  hasil penilaian, dan remidiasi. (2) Hambatan/kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem penilaian hasil belajar mata diklat produktif kelas XI di Program Keahlian Administrasi Perkantoran (AP) SMK N 6 Surakarta yaitu pembayaran SPP yang kurang  lancar, menghambat pelaksanaan sistem penilaian per K.D, kurangnya pemahaman guru mengenai teknik penilaian hasil belajar, kebiasaan guru menilai hanya dari aspek kognitif. (3) Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala/hambatan dalam  pelaksanaan sistem penilaian hasil belajar mata diklat produktifkelas XI di Program Keahlian Administrasi Perkantoran (AP) SMK N 6 Surakarta adalah dengan mengkombinasikan ujian mid dan akhir semester dengan ujian KD, penggunaan 2 (dua) teknik penilaian dalam satu mata diklat/pelajaran, mengadakan supervisi sekolah.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd
2. Tutik Susilowati, S.Sos., M.Si
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP