Penulis Utama : I Putu Karisma Prakarsa Adnyana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0007198
Tahun : 2010
Judul : Perbedaan Tingkat Kematangan Sosial pada Penderita Thalassemia Usia Prasekolah dan Usia Sekolah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2010
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran, Jur. Kedokteran Umum - G0007198 - 2010
Subyek : THALLASEMIA, TINGKAT KEMATANGAN SOSIAL, SKALA VINELAND
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian ini ialah pasien Thalassemia anak, yang pernah dirawat di R.S Dokter Moewardi Surakarta dan PMI Semarang yang telah menjadi pasien tetap, berumur antara 0-14 tahun dengan jumlah total sampel 32 anak dimana 16 anak merupakan usia prasekolah (0-6,99 tahun) dan 16 anak lainnya merupakan usia sekolah (7-14 tahun). Alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah skala kematangan sosial Vineland. Skala kematangan sosial Vineland ini digunakan untuk mendapatkan skor kematangan sosial pada responden yang dibagi menjadi 3 katagori skoring (tinggi,cukup dan rendah).

Hasil penelitian dari total 32 sampel didapatkan pada kelompok usia prasekolah, 8 orang (25%) dengan tingkat kematangan sosial tinggi, 8 orang (25%) dengan tingkat kematangan  sosial cukup, dan tidak didapatkan  responden  dengan tingkat kematangan sosial rendah. Sedangkan pada kelompok usia sekolah, didapatkan 1 orang (3,125%) dengan tingkat kematangan sosial tinggi, 10 orang (31,25%) dengan tingkat kematangan  sosial cukup dan 5 orang (15,625%) dengan tingkat kematangan  sosial  rendah. Nilai kemaknaan sebesar 0.001 berdasar uji Mann Whitney. Mean skor kematangan sosial dari tiap tiap kelompok yang berdasar pada program SPSS, menggambarkan bahwa rerata skor kematangan sosial pada penderita Thallasemia usia prasekolah lebih besar dari usia sekolah.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna dalam hal tingkat kematangan sosial pada penderita Thallasemia usia prasekolah dan usia seko lah.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Suci Murti Karini, M.Si
2. Dr. Made Setiamika, Sp. THT-KL
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Kedokteran