Penulis Utama : Octvia Fajrin Mustikaningtyas
NIM / NIP : I0116096
×

ABSTRAK

Octvia Fajrin Mustikaningtyas, Rr. Rintis Hadiani, Dwi Priyo Ariyanto.2020. Analisis Sedimentasi pada Rencana Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Sungai Kalijirak Kecamatan Karanganyar. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Pada musim kemarau di KHDK Gn. Bromo terdapat aliran Sungai Kalijirak yang berpotensi untuk dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Adanya sedimentasi pada sungai Kalijirak dapat mengakibatkan kinerja PLTMH tidak optimum. Berdasarkan survei debit yang sudah dilakukan sebelumnya oleh tim Lab.Hidrolika UNS, terdapat 2 rencana site yaitu pada aliran sungai didekat jembatan (site jembatan) dan sebelum bendung (site bendung) yang perlu di analisis kembali kelayakannya. Pada penelitian ini berfokus pada analisis debit sedimen dan pola penggerusan atau pengendapan yang terjadi pada 2 rencana lokasi PLTMH, sehingga dapat menjadi dasar pemilihan lokasi PLTMH berdasarkan sedimentasi yang terjadi serta menjadi bahan rujukan pada perencanaan struktur bangunan dan turbin PLTMH. Analisis Sedimentasi menggunakan metode Ackers-White, Englund-Hansen, dan Yang’s dengan bantuan software Hec-RAS 5.0.7. Setelah dilakukan analisis sedimentasi didapat hasil debit sedimen pada site jembatan berdasarkan rumus sedimen Ackers-White 3226,904 m3/hari, Engelund-Hansen 4754,824 m3/hari, Yangs 3629,313 m3/hari dan pada site bendung dengan rumus sedimen Ackers-White 3942,295 m3/hari, Engelund-Hansen 8530,423 m3/hari, Yangs 5683,813 m3/hari. Pola pengendapan atau penggerusan yang terjadi pada  site Jembatan adalah pola penggerusan dengan nilai laju penggerusan -0,44849 mm/detik, dan pada site Bendung pola yang terjadi yaitu pola pengendapan dengan laju pengendapan 0,12613 mm/detik. Adanya laju pengendapan dapat menganggu kinerja turbin PLTMH, sedangkan adanya laju penggerusan dapat menganggu kestabilan struktur bangunan PLTMH. Perencanaan struktur bangunan PLTMH  dapat direncanakan dengan memasukkan faktor laju penggerusan  yang terjadi sebagai hal yang perlu di perhitungkan. Sehingga dapat diambil kesimpulan aliran sungai dekat jembatan (site jembatan) merupakan site yang dipilih untuk site pembangunan PLTMH berdasarkan  sedimentasi yang terjadi.

Kata Kunci : Sedimentasi, KaliJirak, PLTMH, Hec RAS 5.0.7

×
Penulis Utama : Octvia Fajrin Mustikaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116096
Tahun : 2020
Judul : Sedimentasi Pada Rencana Site Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Kalijirak ( Studi Kasus : Kabupaten Karanganyar,Indonesia ) Judul Sedimentation On The Site Plan Of Kalijirak Micro Hydro Power Plant (Case Study : Karanganyar Regency, Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I0116096 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Ir.Rr. Rintis Hadiani, M.T.
2. Dwi Priyo A., S.P., M.Sc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.