Penulis Utama : Pradiva Bagus Mahendra Widyastama
NIM / NIP : I0116098
×

ABSTRAK
Pradiva Bagus Mahendra Widyastama,2020. Kajian Kuat Tarik Langsung  dan Kuat Tarik Belah pada Beton Mutu Tinggi Memadat Mandiri dengan Metakaolin 12,5% dan Variasi Komposisi Fly Ash,
Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Pembangunan infrastruktur di dunia akan terus berlanjut dan berkembang, salah satunya melahirkan inovasi beton mutu tinggi dengan kemampuan untuk memadat dengan sendirinya.Beton yang memiliki kuat desak tinggi akan lebih memerlukan bahan pengikat (binder) yaitu semen dalam komposisi campurannya. Sebagai alternatif pengganti material dalam pembuatan beton mutu tinggi memadat mandiri bahan tambah seperti metakaolin dan fly ash dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas beton sekaligus sebagai bahan penganti semen.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penambahan variasi fly ash terhadap parameter SCC,kuat tarik langsung dan kuat tarik belah beton mutu tinggi memadat mandiri dengan metakaolin 12,5%.
Penelitian ini menggunakan bahan tambah metakaolin 12,5 % dan Fly Ash 0%;7,5%;12,5%;17,5%  dari total berat binder, dan digunakan pula superplasticizer Sica Viscocret 10003 sebesar 1,5 ?ri total berat binder. Benda uji yang digunakan berbentuk balok dan silinder  dengan ukuran balok 10 cm x 10 cm x 25 cm dan Silinder berdiameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Dilakukan pengujian beton segar yang mengacu pada standar EFNARC 2005 ( filling ability,passing abilitiy ,dan segregation). Pengujian beton keras untuk kuat tarik langsung beton menggunakan mesin uji UTM dan kuat tarik belah beton menggunakan mesin uji CTM.
Berdasarkan penelitian penambahan metakaolin 12,5% dan variasi fly ash meningkatkan workabilitas pada beton segar memenuhi parameter filling ability,Passing Abilitiy ,dan Segregation berdasarkan EFNARC 2005 dan meningkatkan kuat tarik langsung dan kuat tarik belah beton pada umur beton 28 hari untuk kadar fly ash {0%;7,5% dan 17,5%} dengan nilai 2,29 MPa 2,82 MPa,dan 2,70 MPa untuk kuat tarik langsung dan untuk kuat tarik belah 4,50 MPa; 4,81 MPa dan 4,68 MPa. Pada kadar fly ash 12,5% kuat tarik langsung  dan kuat tarik belah mencapai titik maksimum sebesar 3,30 MPa dan 5,20 MPa.

Kata Kunci: Beton mutu tinggi memedat mandiri ,filling ability , fly ash, kuat tarik belah beton,kuat tarik langsung, metakaolin ,passing ability,segregation resistance, dan workability.

×
Penulis Utama : Pradiva Bagus Mahendra Widyastama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116098
Tahun : 2020
Judul : Kajian Kuat Tarik Langsung Dan Kuat Tarik Belah Beton Pada Beton Mutu Tinggi Memadat Mandiri Dengan Metakaolin 12,5% dan Variasi Fly Ash The Study Of Direct Tensile Strength And Split Tensile Strength Self Compacting Concrete With Metakaolin 12,5 % And Fly Ash Variation
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil, I0116098 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., D.E.A.
2. Dr. Eng Halwan Alfisa Saifullah, S.T.,M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.