Penulis Utama : Yuyun Norkholifah
NIM / NIP : C0915049
×

Proyek penciptaan desain motif ini dilatarbelakangi oleh peluang untuk membuat produk baru yang berfokus pada pengolahan visual (motif). Ide visual yang ditawarkan adalah potensi pariwisata museum purbakala  Kabupaten Sragen yaitu fosil gading Gajah yang telah ditemukan serta menjadi ikon dikabupaten Sragen yang memiliki keunikan sendiri.
 Pengembangan desain ini bertujuan untuk mengembangkan desain Batik Sukowati Sragen yang berfokus pada pengolahan visual (motif) fosil yang ditemukan diwilayah museum Sangiran khususnya fosil Gading Gajah Sangiran.
Metode yang dipakai dalam pengembangan desain batik ini adalah metode desain berbasis riset. Metode desain yang dipakai melewati tiga proses pokok yakni metode perancangan, konsep perancangan, dan visualisasi. Metode perancangan melewati tahapan, yaitu analisis permasalahan yang ada di kabupaten Sragen, strategi pemecahan masalah, pengumpulan data tentang kekhasan daerah Sragen, uji coba teknik dan visual, serta bagan alur perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain. Visualisasi yakni tahap memvisualkan 8 desain sesuai dengan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.
Hasil dari perancangan desain sebagai berikut: (1) unsur-unsur visual dari hasil gajah purba yang diolah dengan penggayaan deformasi, stilasi dan dekoratif yang sederhana dengan mempertimbangkan unsur estetis agar tetap mempertahankan karakter gajah purba. (2) Pembuatan batik tulis dengan motif hasil fosil fosil  purba sangiran ini diaplikasian kedalam kain batik.

Kata Kunci : Pengembangan, Batik Sukowati Sragen, fosil Purba,  museum purbakala Sra

 

×
Penulis Utama : Yuyun Norkholifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0915049
Tahun : 2020
Judul : Perancangan Batik Sukowati dengan Sumber Ide Fosil Sangiran
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2020
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain, Jur. Kriya Tekstil - C0915049 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nanang Rizali, MSD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.