Penulis Utama : Rohmah Fitriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2316050
Tahun : 2021
Judul : Penggunaan Modul LCDS pada Pembelajaran Model Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2316050 - 2021
Subyek : KONSTRUKTIVISME, LCDS, KEMAMPUAN KOGNITIF, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan berpikir kritis siswa melalui penggunaan modul LCDS pada pembelajaran model konstruktivisme pada materi Hukum Newton Tentang Gravitasi di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2019/2020.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Hopskin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang didukung pendekatan kuantitatif. Teknik validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kognitif dan berpikir kritis siswa melalui penggunaan modul LCDS pada pembelajaran model konstruktivisme pada materi Hukum Newton Tentang Gravitasi di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo. Peningkatan berpikir kritis siswa dilihat pada indikator menganalisa argumen/pendapat, menggunakan pengetahuan yang ada, membuat dan menilai kesimpulan induktif dan pendapat, berpikir secara rasional, dan memutuskan suatu tindakan. Ketercapaian kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis yang meningkat pada setiap siklus. Persentase skor aspek kemampuan berpikir kritis siswa pada pratindakan sebesar 47,16% meningkat pada siklus I menjadi 63,77%, kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,37%. Penggunaan modul LCDS pada pembelajaran model konstruktivisme mendapat respon positif dari siswa dan dinilai efektif karena menarik dan mudah digunakan serta di dalam modul LCDS terdapat banyak menu kegiatan seperti kegiatan apersepsi, kegiatan percobaan dan kegiatan diskusi yang dapat melatih siswa untuk berpikir kritis. Ketercapaian kemampuan kognitif siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo dapat dilihat dari hasil tes kognitif yang meningkat pada setiap siklus. Persentase jumlah siswa yang tuntas pada pratindakan sebesar 47,06% meningkat pada siklus I menjadi 64,70% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 91,18%. Penggunaan modul LCDS pada pembelajaran model konstruktivisme mendapat respon positif dari siswa dan dinilai sangat bermanfaat karena di dalam modul LCDS terdapat menu materi dan latihan soal yang dapat memberikan pemahaman lebih mengenai materi sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Kata Kunci : Konstruktivisme, LCDS, Kemampuan Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Elvin Yusliana Ekawati, S.Pd., M.Pd.
2. Drs. Pujayanto, M.Si.
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP