Penulis Utama : Kusmira Dwi Ayuani
NIM / NIP : S441808013
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan terdapat tidaknya hubungan antara penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan keterampilan menulis teks dialog berbahasa Jawa; terdapat tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca teks dialog berbahasa Jawa dan keterampilan menulis teks dialog berbahasa Jawa; serta terdapat tidaknya hubungan secara bersama-sama antara penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan kebiasaan membaca teks dialog berbahasa Jawa secara bersama-sama dalam kaitannya dengan keterampilan menulis teks dialog berbahasa Jawa.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan studi korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA swasta di Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel yang dipilih adalah 15?ri populasi sehingga jumlah sampelnya adalah 15% x 266 siswa = 40 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berbentuk skor keterampilan menulis teks dialog berbahasa Jawa dan penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa, sedangkan skor kebiasaan membaca teks dialog berbahasa Jawa dengan angket. Validitas instrumen menggunakan uji validitas konseptual dan uji reliabilitas ratings. Uji persyaratan meliputi uji normalitas dengan uji Lilliefors.
Berdasarkan hasil uji t menunjukkan kekuatan hubungan antara penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan keterampilan menulis teks dialog berbahasa Jawa sebesar 2,93 lebih besar dari t tabel = 1,66 sehingga ada hubungan positif yang signifikan antara penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan keterampilan menulis teks dialog berbahasa Jawa. Hasil uji t menunjukkan kekuatan hubungan antara kebiasaan membaca teks dialog berbahasa Jawa dan keterampilan menulis teks dialog berbahasa Jawa sebesar 2,84 lebih besar dari t tabel = 1,66 sehingga ada hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan membaca teks dialog berbahasa Jawa dan keterampilan menulis teks dialog berbahasa Jawa. Berdasarkan (Ry.12) sebesar 0,77 diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,60. Hal tersebut berarti 60% variansi kecenderungan keterampilan menulis teks dialog berbahasa Jawa dapat dijelaskan oleh penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan kebiasaan membaca teks dialog berbahasa Jawa melalui regresi Y ? = 33,47 + 1,08X1 + 0,22X2. Dengan kata lain, penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan kebiasaan membaca teks dialog berbahasa Jawa secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 60% kepada keterampilan menulis teks dialog berbahasa Jawa.

Kata kunci: Keterampilan Menulis Teks Dialog, Tingkat Tutur Bahasa Jawa, Kebiasaan Membaca

 

×
Penulis Utama : Kusmira Dwi Ayuani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441808013
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Antara Penguasaan Tingkat Tutur Bahasa Jawa dan Kebiasaan Membaca Teks Dialog Berbahasa Jawa dengan Keterampilan Menulis Teks Dialog Berbahasa Jawa Siswa Kelas X SMA Swasta Se-Kecamatan Baki di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah - S441808013 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Dr. Kundharu Saddhono S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.