Penulis Utama : Sheilla Shelina Nim I 0116116
NIM / NIP : I0116116
×

ABSTRAK

Sheilla Shelina, 2020, Kapasitas Geser – Lentur Balok Beton Bertulang High Volume Fly Ash Self Compacting Concrete (HVFA-SCC) dengan Kadar Fly Ash 60%, Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Perkembangan dunia konstruksi menuntut pembangunan agar bekerja efektif dengan hasil yang maksimal. Adanya inovasi baru diperlukan untuk mengikuti perkembangan infrastruktur. High Volume Fly Ash Self Compacting Concrete ( HVFA-SCC) merupakan sebuah inovasi yang memiliki banyak keunggulan diantaranya memiliki workability yang tinggi dan termasuk beton ramah lingkungan sebab menggunakan kadar fly ash yang tinggi sebagai pengganti semen. Berdasarkan inovasi tersebut, penelitian yang akan dilakukan adalah mengkaji kapasitas geser lentur balok beton bertulang HVFA-SCC (High Volume Fly Ash Self Compacting Concrete) dengan kadar fly ash 60% dan balok bertulang beton normal.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan benda uji 3 balok HVFA-SCC 60% dan 3 beton normal berukuran 10 cm x 18,5 cm x 130cm (lebar x tinggi x panjang). Pengujian balok dilakukan pada umur beton 28 hari dan balok di uji menggunakan alat uji loading frame dan memasang LVDT dan dial gauge di titik tengah bentang dan titik pembebanan. Pengujian ini menghasilkan  nilai beban maksimum, lendutan maksimum, dan pola retak pada balok.

Berdasarkan penelitian ini, HVFA-SCC 60% memiliki nilai beban maksimum rata-rata 51,67 kN lebih besar daripada beton normal yang memiliki rata-rata 50,17 kN. HVFA-SCC memiliki lendutan maksimum rata-rata 4,16 mm lebih besar daripada beton normal yang memiliki rata-rata 3,05 mm, serta nilai kapasitas geser balok HVFA-SCC 60?alah 25,83 kN dengan nilai normalisasi 1,17 kN/MPa, lebih besar daripada kapasitas geser beton normal 25,08 kN dengan nilai normalisasi 0,85 kN/MPa. 

Kata kunci : fly ash, HVFA-SCC, kapasitas geser - lentur

×
Penulis Utama : Sheilla Shelina Nim I 0116116
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0116116
Tahun : 2020
Judul : Kapasitas Geser – Lentur Balok Beton Bertulang High Volume Fly Ash Self Compacting Concrete (Hvfa-Scc) Dengan Kadar Fly Ash 60% dan Balok Beton Normal Flexure – Shear Capacity Of High Volume Fly Ash Self Compacting Concrete (Hvfa-Scc) Reinforced Concrete Beam With 60% Fly Ash Content And Normal Beam Concrete
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Sipil I 0116116 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Setiya Budi, S.T., M.T.,
2. Dr. Endah Safitri S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.