Penulis Utama : Yuni Abdul Rauf
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4712704
Tahun : 2014
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lempar Bola Kecil Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD Negeri Krandon Lor 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014 / 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - X4712704 - 2014
Subyek : HASIL BELAJAR, GERAK DASAR LEMPAR TANGKAP BOLA KECIL, PENERAPAN ALAT MODIFIKASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan Penelitian ini adalah Penerapan modifikasi alat pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lempar bola kecil pada siswa kelas V SD Negeri  Krandon Lor 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi, clan refleksi, dan sebagai subyeknya dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Krandon Lor 01 Kecamatan Suruh Kabupaten  Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 putra clan 10 putri. Sumber Data berasal dari siswa, guru, clan kolaborator dan data   hasil belajar diambil dari hasil pembelajaran gerak dasar lempar tangkap bola kecil yang berupa catatan tentang hasil pengamatan melalui tes siswa dengan menggunakan  tes kecakapan gerak dasar lempar tangkap bola kecil serta angket yang diberikan kepada siswa. Uji Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Indikator Pencapaian  dari hasil peningkatan dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi pemahaman gerak, penguasaan, serta perubahan nilai dan sikap yang tumbuh pada diri siswa dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran gerak dasar lempar bola kecil dengan penerapan modifikasi alat pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri Krandon  Lor 01 mengalami peningkatan-peningkatan dari kondisi awal dari 21 siswa yang tuntas 6 anak dan 15 anak belum tuntas dari nilai ketuntasan yaitu 75 dengan rata-rata  kelas 58,59. Pada Siklus I pertemuan 1 ketuntasan belajar mulai meningkat 7 anak tuntas dan 14 belum tuntas dengan rata-rata kelas 60,05. Pada Siklus I pertemuan 2 nilai ketuntasan menjadi 13 anak yang  tuntas clan 8 belum tuntas dengan rata-rata kelas 69,03. Pada Siklus II pertemuan 1 nilai ketuntasan menjadi 17 anak yang tuntas clan 4 belum tuntas dengan nilai rata-rata 73,43. Pada Siklus II pertemuan 2 nilai ketuntasan menjadi 21 anak dengan nilai rata-rata kelas 77,74.
Simpulan penelitian ini bahwa pembelajaran gerak dasar lempar bola kecil dengan memodifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Krandon Lor 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Mulyono, M.M
2. Pomo Warih Adi, S.Pd. M. Or
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP