Penulis Utama : Nurul Izati Syahidah
NIM / NIP : H0808133
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah dan mengkaji tingkat kepekaan (elastisitas) ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah. Metode dasar yang digunakan diskriptif analitis. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu di Provinsi Jawa Tengah. Data yang digunakan adalah data sekunder time series selama 20 tahun dari  tahun 1991-2010. Data dianalisis dengan regresi eksponen.
Hasil analisis menunjukkan model funzsi volume ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah adalah y = 5,6822. 10-4 X,1,143 X20,sss X3 -0,649 Xi-0,3s9 Xso,J6s.
Model ini mempunyai nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,738 yang berarti 73,8 persen variasi variabel volume ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah sebagai variabel tak bebas dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas antara lain produksi kapuk di Provinsi Jawa Tengah (X1), harga domestik kapuk di Provinsi Jawa Tengah (X2), harga ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah (X3), nilai tukar Dollar AS terhadap Rupiah (Xi) dan volume ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah tahun sebelumnya (X5) clan 26,2 persen lainnya dijelaskan oleh variasi variabel diluar model. Berdasarkan hasil uji F pada tingkat kepercayaan 95 persen diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari a. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel yang diteliti secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap volume ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel produksi kapuk di Provinsi Jawa Tengah (X1),  harga ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah (X3), dan volume ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah tahun sebelumnya (Xi) secara individu berpengaruh nyata terhadap volume ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah.
Berdasarkan nilai koefisien regresi, variabel produksi kapuk di Provinsi Jawa Tengah mempunyai nilai koefisien regresi yang paling tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa produksi kapuk di Provinsi Jawa Tengah mempunyai pengaruh paling besar terhadap volume ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah. Volume ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah bersifat inelastis untuk harga ekspor kapuk di Provinsi Jawa Tengah dan volume ekspor kapok di Provinsi Jawa Tengah tahun sebelumnya. Dari hasil penelitian dapat disarankan agar produsen kapuk lebih memperhatikan teknik budidaya serta penerapan teknologi tepat guna dalam kegiatan pembudidayaan kapuk agar kapuk yang dihasilkan tidak  kalah saing dengan produk negara lain.

 

×
Penulis Utama : Nurul Izati Syahidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0808133
Tahun : 2012
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Volume Ekspor Kapuk Randu (Ceiba Pentandra) di Provinsi Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2012
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian, Jur. Agribisnis - H0808133 - 2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si
2. Ir. Supanggyo, MP
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.