Penulis Utama : Asri Anggun Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215109
Tahun : 2021
Judul : Pola Komunikasi Anak dan Orang Tua (Studi Kasus Keterbukaan Komunikasi Siswa SMA Batik 1 Surakarta yang Menjalani Gaya Berpacaran Secret Relationship Terhadap Orang Tua)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP, Jur. Ilmu Komunikasi - D0215109 - 2021
Subyek : POLA KOMUNIKASI, SECRET RELATIONSHIP, REMAJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lingkungan sekolah bahwa prinsip pengajaran yang ditanamkan di SMA Batik 1 dengan tegas melarang pacaran hal ini karena tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Hal ini dibarengi dengan kenyataan yang menunjukkan bahwa orang tua yang seharusnya menjadi sumber informasi yang utama mengenai mengenal atau berhubungan sehat dengan lawan jenis pada remaja, namun dalam memberikan informasi tentang kedekatan dengan lawan jenis seringkali tidak memadai, sepotong-potong, bahkan tidak jarang membuat remaja semakin bingung.
Berangkat dari latar belakang tersebut penulis ingin mengetahui Bagaimana pola komunikasi anak dan orang tua yang menjalani secret romantic relationship pada siswa SMA Batik 1 Surakarta dan kendala yang dihadapi dalam melakukan pola komunikasi anak dan orang tua yang menjalani secret romantic relationship pada siswa SMA Batik 1 Surakarta. Studi ini menggunakan konsep pola komunikasi dari Baumrind.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah remaja kelas XI SMA Batik 1 Surakarta. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Snowball Sampling dengan jumlah 6 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi anak dan orang tua yang menjalani secret romantic relationship pada siswa SMA Batik 1 Surakarta terdiri dari parenting (pola komunikasi demokratis), authoritarian parenting indulgent parenting/permisive (pola komunikasi permisif), uninvolded parenting (pola komunikasi penelantar) kemudian kendala yang dihadapi dalam melakukan komunikasi anak dan orang tua yang menjalani secret romantic relationship pada siswa SMA batik 1 surakarta adalah citra diri, yaitu konsepsi atau penilaian anak terhadap orang tuanya; suasana fisiologis, yaitu gangguan yang bersifat biologis,  seperti gangguan sakit dan lelah bekerja; dan suasana psikologis, yaitu keadaan sedih, takut, tertekan, kecewa, marah, dan rasa prasangka.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Secret Relationship, Remaja

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Monika Sri Yuliarti, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum : Validasi bambang
Fakultas : Fak. ISIP