Penulis Utama : Menoer Nilamsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3216038
Tahun : 2021
Judul : Pembuatan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Ikat Celup Dengan Teknik Tritik pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI di SMA N 5 Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Seni Rupa - K3216038 - 2021
Subyek : PENGEMBANGAN MEDIA, IKAT CELUP TEKNIK TRITIK, MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil pengembangan media pembelajaran ikat celup teknik tritik pada mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMA N 5 Purworejo tahun ajaran 2019/2020,(2) respon kelayakan pengembangan media pembelajaran ikat celup teknik tritik pada mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMA N 5 Purworejo tahun ajaran 2019/2020.
    Penelitian ini termasuk basis pengembangan Research and Development (R&D). model penelitian pengembangan merujuk pada langkah-langkah yang ada dibuku Sugiyono (2010) yang kemudian disederhanakan oleh tim Puslitjaknov terdiri dari 5 tahapan. Yaitu: 1) menganalisa identifikasi dan masalah sebelum membuat produk, 2) mengembangkan awal produk, 3) uji validasi oleh ahli dan melakukan revisi 4) uji coba lapangan skala terbatas dan revisi, 5) uji coba skala luas dan produk akhir. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Pada tahap uji coba lapangan di lakukan di rumah masing-masing karena mengikuti peraturan pemerintah yang mengharuskan pembelajaran via daring. Tahap uji coba ini dilaksanakan oleh kelas XI MIPA 1 SMA N 5 Purworejo. Dalam menganalisa data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
    Hasil penelitian pengembangan ini berupa: 1) media pembelajaran ikat celup teknik tritik berupa video tutorial ikat celup teknik tritik pada mata pelajaran seni budaya kelas XI SMA N 5 Purworejo. 2) berdasarkan hasil uji kelayakan media pembelajaran ini mendapatkan penilaian dari ahli media dengan persentase sebesar 80?ngan kriteria sangat baik. Perolehan hasil dari ahli materi  dengan persentase sebesar 91,6?ngan kriteria sangat baik. Hasil keseluruhan uji skala terbatas dengan persentase 89?ngan kriteria sangat baik. Untuk hasil keseluruhan uji ahli skala luas dengan persentase 90?ngan kriteria sangat baik. Berdasarkan keseluruhan hasil presentase. Berdasarkan  keseluruhan hasil presentase penilaian media pembelajaran ikat celup teknik tritik sudah termasuk sangat baik sehingga layak digunakan sebagai sumber referensi belajar pada mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMA N 5 Purworejo.

Kata kunci: Pengembangan Media, Ikat Celup Teknik Tritik, Mata Pelajaran Seni Budaya  

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd., M.Sn
2. Endang Sri Handayani, S.Sn., M.Sn
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP