Penulis Utama : Siti Dwi Indah Palupi
NIM / NIP : K3316064
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah dalam materi stoikiometri siswa kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga ditinjau dari multiple intelligences.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3. Subjek penelitian diperoleh dengan cara teknik purposive sampling yaitu siswa dikelompokan dalam tiga domain, yaitu siswa yang memiliki domain multiple intelligences interaktif, introspektif, dan analitik. Dalam masing-masing kelompok dipilih tiga siswa untuk subjek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa yang termasuk dalam domain interaktif menguasai tahap memahami masalah, memuat rencana, melaksanakan rencana namun belum menguasai tahap memeriksa kembali; siswa dengan domain introspektif menguasai tahap memahami masalah, memuat rencana, melaksanakan rencana namun belum menguasai tahap memeriksa kembali; sedangkan siswa dengan domain analitik menguasai tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, serta memeriksa kembali. Hal tersebut sejalan dengan hasil tes kemampuan masalah dihasilkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan rata-rata pada domain interaktif sebesar 67, domain introspektif sebesar 55,3 dan domain analitik sebesar 79,3.

Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, domain, multiple intelligences

 

×
Penulis Utama : Siti Dwi Indah Palupi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3316064
Tahun : 2021
Judul : Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Materi Stoikiometri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga Ditinjau dari Multiple Intelligences
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Kimia - K3316064 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Retno Dwi Ariani, M. Si.
2. Budi Utami, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.