Penulis Utama : Annisa Farida
NIM / NIP : K8116010
×

Kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini merupakan penalaran matematis, yang terdiri dari pembentukan struktur hierarki konsep yang lebih tinggi untuk mengenali, menunjukkan, menyebutkan, dan mengumpulkan benda dengan menggunakan bentuk geometri.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK Se-Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun  di TK Se-Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Sample yang digunakan sejumlah 226 anak.
Teknik pengambilan sample menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara diajukan untuk guru guna mengetahui kemampuan mengenal bentuk geometri. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dilakukan oleh Expert Judgment. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menyajikan presentase dan histogram.
Hasil penelitian  survei menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK SE-Kecamatan Banyudono, Sebanyak7,08% (16 anak) berada dalam kategori mulai berkembang, 50% (113anak) berada dalam kategoriberkembang sesuai harapan, 42,92% (97anak) berada dalam kategori berkembang sangat baik.Hasil perkembangan kemampuan mengenal bentuk geometri di TK  Kecamatan Banyudono menunjukkan  hasil capaian yang ideal untuk anak usia 5 sampai 6 tahun.

Kata Kunci : Profil, Mengenal Bentuk Geometri, Survei

 

×
Penulis Utama : Annisa Farida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8116010
Tahun : 2021
Judul : Profil Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Survei di Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - K8116010 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M.Pd
2. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.