Penulis Utama : Nurul Alfia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891802022
Tahun : 2021
Judul : Students’ Beliefs on Integrating Digital Literacy into Instructional Media Based on The Theory of Planned Behavior
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Pendidikan Bahasa Inggris - S891802022 - 2021
Subyek : KEYAKINAN SISWA, LITERASI DIGITAL, THEORY OF PLANNED BEHAVIOR
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengeksplor kepercayaan siswa terhadap pengintegrasian literasi digital kedalam media pembelajaran di kelas EFL berdasarkan Ajzen’s Theory of Planned Behavior (TPB) dan (2) untuk mengetahui bagaimana kepercayaan ini mempengaruhi kemampuan bahasa Inggris siswa. Penelitian ini menggunakana desain penelitian studi kasus kualitatif untuk menjawab fokus masalah. Dengan metode purposive sampling, tiga puluh siswa kelas sebelas dari salah satu sekolah menengah di Surakarta dipilih sebagai subjek penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan questionnaire, observasi kelas, dokumen analisis, dan wawancara mendalam dengan tiga orang siswa yang dipilih secara acak. Data dianalisis menggunakan Constat Comparative method yang di inisiasi oleh Glaser and Strauss (1967) and Lincoln and Guba (1985) yang berisi empat tahap analisis.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa memiliki kepercayaan yang positif terhadap pengintegrasian literasi digital kedala media pembelajaran di kelas EFL. Berdasarkan TPB, kepercayaan positif ini berhubungan dengaan keyakinan bahwa literasi digital akan membawa manfaat berupa keefektifan dan keefisiensi dalam mencari dan menemukan informasi, peningkatan kemampuan kognitif dan kewaspadaan etik dalam lingkungan online, dan peningkatan kemampuan bahasa Inggris (behavioral beliefs). Selain itu, keyakinan posistif ini juga berkaitan dengan keyakinan bahwa tindakan mereka akan didukung oleh lingkungan terdekat (normative beliefs), fasilitas, dan kesempatan untuk berinteraksi dengan teknologi digital (control belief). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepercayaan siswa, khususnya kepercayaan behavioral berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Dengan kepercayaan ini, siswa kemudian terus menerus menggunakan media digital dan menerapkan literasi digital untuk mencari informasi tambahan seputar pembelajaran dan penguasaan skills bahasa Inggris. Sangat disarankan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut secara mendalam mengenai kemampuan literasi digital mahasiswa di Indonesia pada umumnya atau mahasiswa di wilayah tertentu pada khususnya.

Kata kunci: Keyakinan Siswa, Literasi Digital, Theory Of Planned Behavior

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyatan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumardi, M.Hum.
2. Prof. Dra. Diah Kristina, M.A., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana