Penulis Utama : Ratri Rosiana Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3208047
Tahun : 2013
Judul : Penerapan Metode Drill sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menggambar Ragam Hias pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas IV SD Negeri Karangmangu 01 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Seni Rupa - K3208047 - 2013
Subyek : PEMBELAJARAN SENI BUDAYA, RAGAM HIAS, KETERAMPILAN MENGGAMBAR, METODE DRILL.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah menerapkan metode drill sebagai upaya meningkatkan keterampilan siswa dalam menggambar ragam hias kelas IV SD Negeri Karangmangu 01  Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013. Dengan indikator 1) Kemampuan siswa dalam penguasaan materi ragam hias yang meliputi jenis ragam hias, teknik ragam hias, clan motif ragam hias nusantara meningk:at.  2) Proses belajar siswa dalam mendesain pola gambar ragam hias dapat meningkat. 3) Keaktifan siswa dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) meningkat. 4) Ide dan kreativitas siswa dalam membuat karya meningkat.  5)  Kemampuan siswa dalam finishing  karya dapat lebih meningkat. Dengan menetapkan ketercapaiaan indikator sebesar 70% siswa mampu mencapai nilai diatas atau sama dengan 80.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga November 2012. Subyek penelitian adalah Siswa kelas IV SD Negeri Karangmangu 01 Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 39 siswa, Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dari setiap siklus terdiri dari 4 tahapan,  yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi langsung, wawancara terbuka  dan pembuktian dengan dokumentasi berupa arsip dan dokumen.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode driil dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mata pelajaran seni budaya menggambar ragam hias kelas IV SD Negeri Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini didasarkan atas indikator pencapaian penelitian yaitu persentase siswa mampu mencapai nilai sekurang kurangnya 70% nilai lebih besar atau sama dengan 80 pada siklus 1 persentase keberhasilan 20,5?ngan nilai rata-rata siswa 74,5, siklus Il 30,7?ngan nilai rata-rata 76,8, dan siklus III 76,9?ngan nilai rata-rata 81,1.

Kata  kunci: Pembelajaran Seni Budaya,  Ragam  Hias,  Keterampilan Menggambar, Metode Drill.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd
2. Drs. Margana, M. Sn
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP