Penulis Utama : Joko Suwarno
NIM / NIP : X5212208
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi membaca permulaan melalui metode bermain peran bagi siswa tunagrahita kelas DIII  SLB B-C YPPS BOYOLALI Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang memperoleh perlakuan adalah siswa tunagrahita kelas DUI SLB B-C YPPS Boyolali yang berjumlah dua siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan observasi. Validitas data menggunakan validitas isi yaitu ketepatan suatu tes dilihat dari segi isi pembelajaran.  Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan nilai antar siklus dan teknik analisis kritis untuk mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.

Hasil penelitian menunjukkan  bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi membaca permulaan pada siswa tunagrahita kelas Diii SLB B-C YPPS Boyolali dari kondisi pra siklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata• rata prestasi belajar melalui tes perbuatan pada siklus I memperoleh nilai 60 meningkat menjadi 85 pada siklus II. Nilai rata-rata prestasi belajar melalui tes tertulis memperoleh nilai 47.5 pada pra siklus, meningkat menjadi 62.5 pada siklus I, dan kembali mengalami peningkatan menjadi 82.5 pada siklus II. Keberhasilan tindakan ditentukan berdasarkan indikator kinerja.

Berdasarkan basil analisis tersebut ditarik kesimpulan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi membaca permulaan pada siswa tunagrahita kelas DIIl SLB B-C YPPS Boyolali.

Kata kunci :  Tunagrahita, bermain peran, membaca permulaan, prestasi belajar

×
Penulis Utama : Joko Suwarno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5212208
Tahun : 2013
Judul : Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Membaca Permulaan melalui Metode Bermain Peran Bagi Siswa Tunagrahita Kelas D III SLB B-C YPPS Boyolali Semester II T ahun Pelajaran 2012/2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Kip, Jur. Pendidikan Luar Biasa - X5212208 - 2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si.,
2. Priyono, s.ra, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.