Penulis Utama : Nursan
NIM / NIP : X4711130
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat tinggi  gaya straddle melalui penerapan pembelajaran dengan alat bantu. Lompat tinggi adalah suatu bentuk gerakan melompat ke atas dengan cara mengangkat kaki ke depan ke atas dalam upaya membawa titik berat badan setinggi mungkin dan secepat mungkin jatuh (mendarat) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada salah satu kaki untuk'mencapai suatu ketinggian tertentu.

Penelitian ini menggunakan metode classroom action research (tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini berjumlah 30 responden yang merupakan siswa kelas V SD Negeri Kertaharja 03 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 20 siswa putra dan 10 siswa putri. Data hasil penelitian ini merupakan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat tinggi gaya straddle berupa hasil belajar pada kondisi awal, setelah pembelajaran pada siklus 1, dan setelah pembelajaran pada siklus ke 2. Hasil belajar siswa berbentuk skor total yang diperoleh siswa dalam penilaian dari setiap komponen pembelajaran lompat tinggi. Penilaian diperoleh melalui lembar observasi yang diisi I dinilai oleh peneliti berdasarkan sikap yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model bermain pada pembelajaran lompat tinggi mampu meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada materi lompat tinggi. Terdapat peningkatan basil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2 baik dari peningkatan nilai rata-rata maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Nilai rata-rata kemampuan aktifitas lompat tinggi siswa pada kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut adalah 64,6; 65,4 dan 82,2. Dengan  nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 68.00, pada kondisi awal hanya 12 siswa (40%) yang memiliki nilai di atas KKM dan pada siklus 2 seluruh siswa ( 100%) memiliki nilai diatas KKM. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan basil belajar siswa pada pembelajaran lompat tinggi sebesar  17,6 ?ri kondisi awal.

Simpulan : Penerapan model bermain lompat tinggi dengan penerapan alat bantu (lompat karet, lompat kardus dan lompat  bilah) dalam materi pembelajaran lompat tinggi gaya  straddle secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi.

Kata Kunci: Hasil belajar, Lompat tinggi, Alat bantu

×
Penulis Utama : Nursan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4711130
Tahun : 2012
Judul : Penerapan Pembelajaran dengan Alat Bantu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle pada Siswa Kelas V SDN Kertaharja 03 Kecamatan Pagerabang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - X4711130 - 2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M.Kes
2. Slamet Widodo, S.Pd .M.Or
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.