Penulis Utama : Dwi Warti Utami
NIM / NIP : X4711042
×

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-ID KO X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil  belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SD Negeri 1 Giritirta Kecamatan Pejawaran Kabupaten  Banjamegara tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan alat bantu pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri  1 Giritirta Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjamegara tahun pelajaran 2012/2013. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri  1 Giritirta tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 23 anak yang terbagi atas 13 siswa putra dan 10 siswa putri. Teknik  pengumpulan data adalah  melalui observasi dari proses  kegiatan pembelajaran. Teknik  analisis data yang  digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur  penelitian ini meliputi planning, acting, observasi dan reflecting.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus  II, baik dari peningkatan kemampuan proses maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada kondisi awal (24,6), siklus I (26, 7) siklus II (28), sehingga peningkatan dari kondisi awal sampai  siklus II sebesar  3,4%. Niiai  ketuntasan  hasil belajar pada kondisi  awal  (47,8%)  siklus I (73,9%), siklus  II (91,3%), sehingga peningkatan dari kondisiawal ke  siklus II (42,3%).

Simpulan penelitian ini adalah penggunaan alat bantu  pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 1 Giritirta Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjamegara Tahun Pelajaran 2012/2013

Kata Kunci: Lompat jauh gaya jongkok, Alat bantu pembelajaran

 

 

×
Penulis Utama : Dwi Warti Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4711042
Tahun : 2013
Judul : Upaya Meningkatkan Pembelajaran Lompat Jauh Gay a Jongkok Dengan Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Giritirta Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Penjaskesrek - X4711042 - 2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sarjoko Lelono, M.Kes
2. Drs. Sukono, M.Or
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.