Penulis Utama : Siti Rachmawati
NIM / NIP : R0207051
×

Tujuan:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji hubungan kebisingan dengan peningkatan tekanan sistole dan diastole pada pekerja bagian weaving PT. Tyfountex Indonesia.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik. Menurut pendekatannya, penelitian ini adalah penelitian cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel yang menjadi objek penelitian berjumlah 37 orang laki-laki. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Sound Level Meter untuk mengukur kebisingan dan Tensimeter Digital untuk mengukur tekanan sistole dan diastole pekerja. Teknik pengolahan   dan analisis data dilakukan dengan uji statistik Chi Square Test dengan menggunakan program komputer  SPSS versi 10.0.

Hasil: Dari basil analisis dengan uji Chi Square Test metode Fisher, uji hubungan kebisingan dengan peningkatan sistole dan diastole diketahui bahwa nilai Exact Sig. (2-sided) sebesar 0,000 untuk  tekanan  sistole dan 0,001 untuk tekanan diastole atau kurang dari  0,01 (p < 0>sistole dan diastole.

Kesimpulan: Dari basil ini menunjukkan bahwa ada hubungan kebisingan dengan peningkatan tekanan sistole dan diastole pada pekerja bagian weaving PT. Tyfountex Indonesia.

Kata Kunci: Kebisingan, Tekanan Sistole Diastole 

×
Penulis Utama : Siti Rachmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0207051
Tahun : 2011
Judul : Hubungan Kebisingan dengan Peningkatan Tekanan Sistole dan Diastole pada Pekerja Bagian Weaving PT. Tyfountex Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2011
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran, Jur. Kesehatan Kerja - R0207051 - 2011
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Utari, Cr, Dra., M.Kes
2. Tutug Bolet Atmojo, SKM
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.