Penulis Utama : Hana Fadhillah Noor
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0809055
Tahun : 2013
Judul : Analisis Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Olahan Jamur Lingzhi CV. Herba Nusantara di Desa Kudu Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian, Jur. Agribisnis - H0809055 - 2013
Subyek : TANAMAN HERBAL, JAMUR LINGZHI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Bidang pertanian di Indonesia tidak hanya membudidayakan tanaman pangan saja namun  juga tanaman herbal untuk pengobatan tradisional dan menjaga kesehatan masyarakat di Indonesia Salah satu bahan obat herbal di Indonesia adalah jamur lingzhi. Saat ini masyarakat lebih banyak memilih pengobatan herbal karena tidak memiliki efek samping pada jangka panjang, dan salah satu obat herbal yang semakin hari semakin diminati oleh banyak konsumen adalah jamur lingzhi karena khasiatnya yang sangat banyak untuk kesehatan manusia, Salah satu produsen yang mengolah jamur lingzhi untuk mendapatkan nilai tambah adalah CV. Herba Nusantara. Satu hal yang terpenting dalam produk herbal adalah bagaimana menyakinkan para konsumen akan khasiat dari produk tersebut agar para konsumen tertarik untuk mengkonsumsi produk herbal tersebut. Agar konsumen yakin dan percaya akan khasiat dari produk herbal maka diperlukan langkah pemasaran yang tepat agar penjualan produk menjadi maksimal. Dalam strategi pemasaran yang tepat terdapat bauran pemasaran atau marketing mix yang terdiri dari 4P yaitu Product, Price, Placement, dan Promotion. Keempat P tersebut secara bersama-sama terangkai dalam bauran pemasaran. Apabila bauran pemasaran tersebut terangkai dengan baik maka akan diperoleh penjualan produk olahan jamur lingzhi yang ma.ksimal produk olahan jamur lingzhi lebih dikenal masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk olahan jamur  lingzhi di CV. Herba Nusantara dan untuk menganalisis faktor bauran pemasaran yang paling dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk olahan jamur lingzhi di CV. Herba Nusantara.

Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian berada di CV. Herba Nusantara. Metode pengambilan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience samples yaitu mengambil responden sebagai sample berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti cocok sebagai sumber data dengan kriteria utama yang terdapat dalam penelitian ini yaitu orang tersebut merupakan konsumen atau pembeli produk olahan jamur lingzhi di CV. Herba Nusantara. Jumlah sampel yang diambil adalah adalah 100 orang. Analisis faktor menggunakan data yang berasal dari pendapat responden terhadap  12 variabel penelitian yang diamati dalam penelitian ini.

Pada penelitian ini diketahui tahapan dalam keputusan pembelian produk olahan jamur lingzhi yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi altematif, keputusan pembelian, dan perilaku puma pembelian. Hasil analisis faktor menunjukkan terdapat 3  faktor yang menjadi pertimbangan dalam keputusan pembelian produk olahan jamur lingzhi di CV .Herba Nusantara. Ketiga faktor tersebut adalah faktor I, (27,736%), fak:tor II  (12,283%), faktor III (11,361%). Faktor I terdiri dari variabel merk produk, khasiat produk, keamanan produk, clan harga produk. Faktor II yang terdiri dari variabel rasa produk, kemasan produk, promosi penjualan, ketersediaan produk, penataan display produk, clan kenyaman di toko. Faktor III yang terdiri dari jenis produk dan kestrategisan lokasi. Variabel-variabel yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk olahan jamur lingzhi di  CV.Herba Nusantara berdasarkan besamya nilai factor loadingnya dari faktor I adalah variabel khasiat produk (0,827), faktor II adalah variabel rasa produk (0,652), dan dari faktor jenis III adalah variabel kestrategisan lokasi (0,709).

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si
2. Emi Widiyanti, SP, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian