Penulis Utama : Tri Yulianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2505034
Tahun : 2011
Judul : Karakteristik Grinding Ball Import 0 40 Mm PT. Semen Cibinong Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Teknik dan Kejuruan - K2505034 - 2011
Subyek : KARAKTERISITIK MATERIAL, KOMPOSISI KIMIA, GRINDING BALL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui karakteristik material berdasarkan komposisi unsur yang  dimiliki dari hasil uji komposisi kimia, sekaligus sebagai dasar penggolongan jenis logam apakah grinding ball import  yang dipakai PT. Semen Cibinong Indonesia diameter 40 mm. (2) Mengetahui distribusi kekerasan dan struktur mikro grinding ball import yang dipakai PT. Semen Cibinong Indonesia diameter 40 mm berhubungan dengan adanya proses produksi yang diberikan sebagai dasar referensi rekayasa ulang produksi grinding ball di Indonesia.
Karakterisasi grinding ball import dilakukan dengan melakukan pengamatan visual permukaan hasil potongan grinding ball import, uji komposisi kimia, uji kekerasan, dan uji struktur mikro.
Hasil uji komposisi kimia menunjukkan bahwa grinding ball import diameter 40 mm memiliki kandungan Karbon (C) mencapai 1,314 % Wt, Kromium (Cr) 14,057 %Wt dan Mangan (Mn) 1,735 %Wt, maka termasuk dalam klasifikasi "T 400 Series Stainless Steel". Hasil uji kekerasan menunjukkan adanya distribusi kekerasan yang lebih tinggi pada bagian permukaan.  Nilai rata• rata kekerasan tertinggi 912,30 kg/mm2 di bagian daerah diameter luar (titik 3 pada pengujian kekerasan Mikro Vickers) dan nilai rata-rata paling rendah 666,33 kg/mm2 di titik pertama pada pengujian Makro Vickers. Hasil pengamatan struktur mikro menunjukkan bahwa grinding ball import diameter 40 mm memiliki struktur mikro Carbida Chrom, Martensit, dan Per/it dengan distribusi sebaran yang tidak merata.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suharno, S.T, M.T
2. Danar Susilo W, S.T, M.Eng
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP