Penulis Utama : Siska Afri Adistyo Putri
NIM / NIP : K5108055
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan melalui penggunaan media flashcard pada anak tunagrahita kelas 3 SDLB Negeri Cangakan Karanganyar tahun 2011/ 2012.
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis deskriptif komparatif. Data kualitatif dianalisis  dengan teknik analisis kritis sedangkan data yang berupa tes diklasifikasikan sebagai data kuantitatif. Data tersebut dianalisis secara deskriptif komparatif, yakni membandingkan nilai tes antar siklus dengan indikator pencapaian. Subjek Penelitian ini adalah Anak Tunagrahita Kelas 3 SDLB Negeri Cangakan Karanganyar tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 5 anak. Hasil yang diperoleh dari penelitian dengan
penggunaan media flashcard pada refleksi siklus I diperoleh nilai rata-rata 65 dan pada siklus ke II diperoleh nilai rata-rata 89 dan meningkatnya keaktifan serta tingkat prestasi belajar membaca permulaan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Melalui pembelajaran dengan menggunakan media flashcard dapat meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan pada anak tunagrahita kelas 3 SDLB Negeri Cangakan Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.

×
Penulis Utama : Siska Afri Adistyo Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5108055
Tahun : 2012
Judul : Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Flashcard pada Anak Tunagraidta Kelas 3 SDLB Negeri Cangakan Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Luar Biasa - K5108055 - 2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Munzayanah, M.Pd,
2. Drs. Maryadi, M.Ag,
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.