Penulis Utama : Waskito Budi Nugroho
NIM / NIP : K4608075
×

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua  siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 5 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 siswa putri dan 16 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penelitian kemampuan passing atas bola voli. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan presentase.
Hasil penelitian menunjukkan  bahwa melalui penerapan  pendekatan teaching games for understanding model (TGfUM) dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan menggunakan metode drill sehingga hasil belajar passing atas bola voli rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I. hasil belajar passing atas bola voli meningkat meskipun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar meningkat.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan teaching games for understanding model  (TGfUM) dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas IX C SMP Negeri 5 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014.

×
Penulis Utama : Waskito Budi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4608075
Tahun : 2014
Judul : Penerapan Pendekatan Teaching Games For Understanding Model (TGFUM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas IX C SMP Negeri 5 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4608075 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Waluyo, M.Or.,
2. Sri Santoso Sabarini, S.Pd, M.Or.,
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.