Penulis Utama : Budi Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4609009
Tahun : 2012
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodoks Melalui Pembelajaran yang Memodifikasi Alat Peluru Pada Siswa Kelas V SD Negeri Bromantakan 56 surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - X4609009 - 2012
Subyek : TOLAK PELURU, GAYA ORTODOKS, SEKOLAH DASAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas melalui pembelajaran yang memodifikasi alat peluru untuk meningkatkan basil belajar tolak peluru gaya ortodoks pada siswa kelas V SD Negeri Bromantakan 56 Kecamatan Banjarsari Kotamadya Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dalam setiap siklus dan penelitian ini selesai pada dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bromantakan 56 Kecamatan Banjarsari Kotamadya Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 12 siswa putri dan 14 siswa putra. Data penelitian ini diperoleh melalui pengamatan oleh peneliti dan kolaborator selama proses pembelajaran berlangsung. Data tersebut merupakan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa yang diperoleh melalui lembar observasi yang meliputi ranah kognitif yang diperoleh dari tes obyektif, ranah afektif yang diperoleh melalui pengamatan aktivitas siswa saat pembelajaran dan ranah psikomotor yang diperoleh melalui tes unjuk kerja Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik prosentase untuk  melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa kelas V SD Negeri Bromantakan 56 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 meningkat dari 34,51% pada kondisi awal menjadi 57,70% pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 76,92% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan melalui pembelajaran yang memodifikasi alat peluru dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa kelas V SD Negeri Bromantakan 56 Kecamatan Banjarsari Kotamadya Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
2. Drs. H. Wahyu Sulistyo, M.Kes
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP