Penulis Utama : Handrian Ichsan Aditya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X7108681
Tahun : 2011
Judul : Peningkatan Motivasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode STAD pada Siswa Kelas V SDN 1 Bulusari Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri 2010/2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - X7108681 - 2011
Subyek : MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA, METODE STAD
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas 5 SDN 1 Bulusari Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindkaan, observasi, dan refleksi. Sebgaai subjek penelitian adlaah siswa kelas V SD Negeri 1 Bulusari sejumlah 23 siswa terdiri dari 12 anak perempuan dan 11 anak laki - laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Melalui netode STAD terbukti dapat memingkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Bulusari Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi motivasi belajar matematika siswa. Sebelum tindakan rata - rata motivasi belajar matematika siswa kriterianya sedang (rata - rata nilai 57); pada siklus I rata - rata motivasi belajar matematika siswa kriterianya masih sedang (rata - rata nilai 66); pada siklus II rata - rata motivasi belajar matematika siswa kriterianya tinggi (rata - rata nilai 75);. Siswa yang semula cenderung malas dan tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menjadi lebih termotivikasi dan fokus dlaam kegiatan pembelajaran. (2) Peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui metode STAD juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Bulusari. Hal ini dapat terlihat dengan adanya peningkatan nilai rata - rata kelas yaitu pada siklus I sebesar 73,91; siklus II naik menjadi 83,04;. Untuk siswa tuntas belajar dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 62, pada tes siklous I 74%, tes siklus II 100% siswa sudah mencaoai ketuntasan belajar.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Chumdari, M.Pd.
2. Drs. Hasan Mahfud, M.Pd
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP