Penulis Utama : Prasetyo Nur Ahmadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2506049
Tahun : 2013
Judul : Pengaruh Penambahan MyGreenOil dalam Premium dan Penggunaan CDI Dual Band terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Honda City Sport 1 Tahun 2008
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Teknik dan Kejuruan - K2506049 - 2013
Subyek : MYGREENOIL, CDI, HONDA CITY SPORT 1, KONSUMSI BAHAN BAKAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Menyelidiki pengaruh penambahan MyGreenOil dalam premium terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda City Sport 1 Tahun 2008. (2) Menyelidiki pengaruh penggunaan CDI Dual Band terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda City Sport 1 Tahun 2008. (3) Menyelidiki interaksi penambahan MyGreenOil dalam premium dan penggunaan CDI Dual Band terhadap konsumsi bahn bakar pada sepeda Motor Honda City Sport 1 Tahun 2008.

Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain factorial 3x3 dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sepeda motor Honda City Sport 1 Tahun 2008. Sampel penelitian adalah sepeda motor Honda City Sport 1 tahun 2008 dengan nomor mesin JBA1E – 1035903. Pengambilan data eksperimen dilakukan di laboratorium Pendidikan Teknik Mesin JPTK FKIP UNS. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data didapat dari mengukur dan mencatat waktu yang diperlukan untuk menghabiskan bahan bakar sebanyak 50 ml pada putaran mesin 4000 r.p.m. Data diambil dengan melakukan 3 kali replikasi, sehingga didapatkan sejumlah 27 data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalan, setelah itu dilakukan uji komparasi ganda atau uji pasca anava menggunakan uji scheffe, yang terlebih dahulu dilakukan uji prasarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan uji Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji Barlett.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan penambahan MyGreenOil dalam premium terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda City Sport 1 Tahun 2008, hal ini ditunjukkan pada hasil uji analisis data yang menyatakan bahwa Fobservasi = 302,05 lebih besar dari FTabel = 6,01 (Fobservasi > FTabel) pada taraf signifikansi 1%. (2) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan CDI Dual Band terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda City Sport 1 Tahun 2008, hal ini ditunjukkan pada hasil uji analisis data yang menyatakan bahwa Fobservasi = 11,66 lebih besar dari FTabel = 6,01 (Fobservasi > FTabel) pada tarif signifikansi 1%. (3) Ada pengaruh Bersama (interaksi) yang signifikan penambahan MyGreenOil dalam premium dan penggunaan CDI Dual Band terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda City Sport 1 Tahun 2008, hal ini ditunjukkan pada hasil uji analisis data yang menyatakan bahwa Fobservasi = 82,52 lebih besar dari FTabel = 4,58 (Fobservasi > FTabel) pada taraf signifikansi 1%. (4) Konsumsi bahan bakar yang paling rendah adalah pada saat penambahan MyGreenOil 1 ml dengan penggunaan CDI Dual Band  pada Kurva II yakni sebesar 0,00446 mll siklus.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si
2. Drs. C. Sudibyo, M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP