Penulis Utama : Nafisah Ltsna Hasni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0108014
Tahun : 2012
Judul : Hubungan antara Citra Tubuh saat Hamil dan Kestabilan Emosi dengan Postpartum Blues di Puskesmas Grogol Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2012
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Kedokteran, Jur. Psikologi - G0108014 - 2012
Subyek : POSTPARTUM BLUES, CITRA TUBUH SAAT HAMIL, ESTABILAN EMOSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Wanita akan mengalami perubahan kondisi psikologis pasca melahirkan, sehingga diperlukan penyesuaian. Namun, tidak semua wanita mampu melakukan penyesuaian  terhadap perubahan tersebut, sehingga menyebabkan wanita mengalami ganguan suasana hati dalam 14 hari pertama setelah melahirkan (postpartum  blues). Citra tubuh saat hamil dan kestabilan emosi yang baik diperlukan agar wanita mampu melewati fase ini. Antara tubuh saat hamil merupakan penilaian mengenai tubuh selama masa kehamilan. Kestabilan emosi merupakan kemampuan bersikap tenang dalam situasi stres. Tujuan penelitian ini {1) untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh saat hamil dan kestabilan emosi dengan postpartum blues, (2) hubungan antara citra tubuh saat hamil dengan postpartum  blues, serta (3) hubungan antara kestabilan emosi dengan postpartum blues di Puskesmas Grogol Sukoharjo.
Populasi penelitian adalah wanita yang tercatat menjadi pasien di Puskesmas Grogol,  Sukoharjo saat masih hamil sampai dengan setelah melahirkan. Teknik sampling yang digunakan yakni purposive quota incidental sampling, dengan karakteristik sampel yaitu usia kehamilan ~36 minggu dan saat hari ke-7 hingga 14 setelah melahirkan,  serta tinggal bersama  suami.  Sampel penelitian berjumlah 40 wanita. Pengumpulan data dilakukan dengan Skala Citra Tubuh Saat Hamil dan Skala Kestabilan Emosi yang diberikan saat hamil, serta Skala Postpartum Blues diberikan pasca melahirkan.
Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan nilai F-hitung 21,818 > F-tabel 2,86 dan R 0,736, berarti terdapat hubungan antara citra tubuh saat hamil dan kestabilan emosi dengan postpartum  blues. Secara parsial, terdapat hubungan antara citra tubuh saat hamil dengan postpartum blues dengan t-hitung 3,160 > t-tabel 2,021, dan rx1y   sebesar -0,315; serta terdapat hubungan antara kestabilan emosi dengan postpartum blues dengan t-hitung 2,539 > t-tabel 2,021,  dan rx2y sebesar -0,234. Kesimpulannya  yaitu  (1) semakin positif  citra tubuh saat hamil dan semakin tinggi kestabilan emosi, maka intensitas gejala postpartum blues semakin ringan. (2) Semakin positif citra tubuh saat hamil,maka intensitas postpartum blues yang dialami semakin ringan. (3) Semakin tinggi tingkat kestabilan  emosi, maka postpartum blues yang dialami semakin ringan intensitasnya.

Kata Kunci: postpartum blues,  citra tubuh saat hamil,  kestabilan emosi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Suci Murti Karini, M.Si
2. Tri Rejeki Andayani, S.Psi., M.Si
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Kedokteran