Penulis Utama : Tyas Nur Faizah
NIM / NIP : K2216065
×

Desain penelitian adalah studi kasus deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan lima siswa, kuesioner yang ditanggapi oleh 14 siswa dan analisis dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang beragam terhadap penilaian rekan di kelas Menulis Artikel. Mayoritas siswa memiliki persepsi positif terhadap penilaian teman sebaya. Namun, ada siswa yang merespon penilaian teman sebaya secara negatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penilaian teman sebaya adalah alat yang efektif untuk pembelajaran menulis. Membantu peningkatan keterampilan menulis siswa, keterampilan berpikir kritis, pemahaman materi, minat, kepuasan, dan menciptakan suasana kelas yang kondusif selama proses pembelajaran. Peningkatan juga pada cara mereka membangun tulisan di setiap indikator tulisan; Isi (70,63%), Kosakata (89,29%), Tata Bahasa (92,86%), Mekanik (82,14%), dan Organisasi (86,73%). Implikasinya, penilaian sebaya memberikan banyak alternatif solusi dalam proses belajar mengajar. Ini berkontribusi pada peningkatan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan menulis siswa dan menciptakan suasana kelas yang nyaman untuk belajar.

Kata Kunci: Penulisan Artikel, Penilaian Teman Sebaya, Persepsi Siswa.

 

×
Penulis Utama : Tyas Nur Faizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2216065
Tahun : 2020
Judul : Students’ Perception Toward Peer Assessment in The Article Writing Class (A Case Study at the English Education Department of State University in Surakarta, Academic Year 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Guru Pendidikan Bahasa Inggris - K2216065 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Dewi Rochsantiningsih, M.Ed., Ph.D.
2. Hasan Zainnuri, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.