Penulis Utama : Alfisah Fadlila Moris
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111005
Tahun : 2015
Judul : Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Kaliputu Kudus
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Ilmu Pendidikan - K7111005 - 2015
Subyek : KETERAMPILAN MENULIS, PARAGRAF DESKRIPSI, MEDIA DIORAMA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media diorama pada siswa  kelas Ill SD Negeri 1 Kaliputu Kudus Tahun Ajaran 2014/2015.

Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Ill SD Negeri 1 Kaliputu Kudus tahun 2014/2015 yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 13 siswa  perempuan dan 14 siswa laki-laki.  Teknik pengumpulan data yang  digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data  menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa meningkat, hal tersebut terlihat dari nilai  rata-rata dan ketuntasan klasikal setiap siklus. Nilai rata-rata sebelum tindakan (pra-siklus) yaitu 68,56, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73,74 dan pada siklus II meningkat menjadi  80,19. Sebelum dilaksanakan tindakan (pra-siklus), persentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM (~70) sebesar 40,74% (11 siswa  dari  27 siswa), pada  siklus I persentase ketuntasan  klasikal yang  dicapai  adalah 70,3 7% ( 19 siswa dari 27 siswa),  dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 88,89%  (24 siswa  dari 27  siswa).   Dengan demikian indikator kinerja  yaitu persentase  ketuntasan  klasikal  sebesar  80?pat tercapai.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama  dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas III SD   Negeri 1 Kaliputu Kudus tahun ajaran 2014/2015.

Kata Kunci:  Keterampilan  Menulis,  Paragraf  Deskripsi,  Media  Diorama

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Soegiyanto, S.U
2. Drs. Usada, M. Pd
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP